Sun. Nov 17th, 2019

Etape 2, TRABAS Merdeka ke- XV

Jiwa Patriot Lestarikan Budaya Bangsa

By. Eko reborn

Kelar etape 1 finish di Panjalu Kab. Ciamis (Minggu 07/08), para scramblers bergegas lanjut nyusruk jalur. Mereka start dari Panjalu yang di gelar di kawasan objek wisata situ Lengkong Panjalu berlansekap  danau Lengkong  yang  padat kisah sejarah. Bolehlah diurain singkat. Dahulu bertahta prabu Borosngora yang mencari ilmu sajati sampai ke Hejaz  tanah arab dan langsung berguru pada Sayidina Ali bin Abi Thalib khalifah yang mulia. Beres berguru ia pulang membawa pedang yang kini disimpan di museum Bumi Alit. Artinya warga Panjalu menjadi muslim karena raja mereka bertandang ke Arab.

Dalan moment Trabas ini, kisah sejarah penuh makna diujudkan dalam respektasi seni terutama atraksi budaya Sisingaan. Untuk melestarikan budaya bangsa  khususnya budaya dan kesenian Jawa Barat, dietape kedua ini, panitia hadirkan kesenian Sisingaan lho, yang tentunya menjadi hiburan bagi warga setempat.

Kerennya, sebelum gelar budaya warga terutama ibu ibu di ‘panaskan’ dengan senam bersama.! Para adventurer juga betah saksikan senam ini. Maklum instrukturnya aduhai ha ha ha.

Oh ya di etape 2 ini hadir Camat Panjalu Bp. Drs H Erwin dan juga Kapolsek Panjalu beserta jajarannya. Ia melepas rombongan pukul 08.00. Weiz saat start seniman tari Sisingaan  ikuta melepas mereka.Sungguh saat yang mengesankan.

Jalur track etape 2 berjarak sekitar 135km Situ Panjalu, Sukamantri, Lemah Gede, Jatigede dan Finish di Kampung Toga Sumedang. Masuk 10 km  dijalur aspal mereka masuk trek hutan pinus Perum Perhutani Ciamis. Jalur etape 2 berjarak 135 km, 40% aspal dan bebatuan lalu 60% jalur tanah.

Event TRABAS Merdeka XV memang dipersiapkan kurang lebih 3-4 bulan, Jalur yang disetting Nanang Sale dan tim survey lapangan TM 15 membuat para peserta puas dengan sajian jalur istimewanya dari mulai jalur aspal, varian jalur gasspoll, dan jalur tanah serta bebatuan.

Nanang TRABAS  dan tim survey lapangan TM XV mengaku puas memberikan suguhan jalur lengkap dengan kebutuhan para offroder, “Saya berikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Ciamis-Panjalu dan Sumedang, turut sertanya semua element masyarakat setempat dan bangga dapat bekerjasama dengan teman teman komunitas trail (offroder) lokal yang telah membantu kegiatan TM XV terima kasih atas kerjasamanya” ungkap kang Nanang.

Salut dah peserta nggak hanya dari Indonesia, hadir juga Australia dan Malaysia. Total  587 adventurer hadir di tatar Priangan Timur ini.

Walaupun tidak ada hadiah ataupun doorprize, para offroder setia dengan event TRABAS Merdeka ke-XV ini. “Yap memang hadiahnya adalah jalur berikut landscape pemandangan alam sekitar, seperti situ Haurgeulis, objek wisata Ciungwanara, situ Lengkong Panjalu, dan Finish di Kampung Toga yang merupakan tempat makam pahlawan perjuangan asal Aceh Cut’ Nyak Dien” ungkap kang Yogi Kartasasmita dan Deny Ceuyah.

Oh ya  bro…hadir TRACK Jakarta yang memberikan apresiasi special support Nanang Sale untuk gelaran TM XV. Ada wakil ketua brother Sarif, Mafit Nitisastro dan Indra.

Serta peserta dari luar negri, Australia dan Malaysia pun memberikan apresiasi yang setinggi tingginya untuk Nanang TRABAS dan Tim Lapangan TRABAS MERDEKA XV.

 

Acara yang keren! For those who dare to visit the track..we salute you!

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: