Sun. Nov 17th, 2019

DOGMAN, LOYALITAS TANPA BATAS

NANANG SUPRIATNA BOS-NYA DOGMAN CIAMIS

 

Seadainya ada kuis tebak profesi di TV Nasional, dijamin peserta kuis pasti suit menabak profesi brothers satu ini. Sulit deh! Ha..ha..soalnya profesinya langka banget. Ia dan timnya konsen membuka jalur adventure untuk para scrambler yang doyan tantangan. “Itulah inti Dogman, kumpulan pembuka jalur yang saya kelola,” buka  pria lansiran 1968 yang beken disapa Nanang Sale ini.

Konsen di jalur (lokasi adventure) sudah kira-kira 14 tahun. Ia cergas sekali mendesain jalur yang bakal dilalui tim atau event adventure yang mengontaknya. Medan yang dilalui bervariasi, x-trem, sedang dan enjoy alias gampang dijajal. Ini bukan perkara  mudah! Nanang dan tim harus survey duluan, masuk ke lokasi antah berantah dengan medan berat. Jika melewati sungai kecil atau jurang ia wajib membuat jembatan untuk dilalui nanti. Belum lagi pendekatan pada penduduk, tokoh masyarakat dan pemuda setempat. “Ini  penting. Mereka harus dilibatkan agar pas event berlangsung, aman tidak ada hambatan,” kisah pria yang dulu berbinis perkayuan ini.

Ia berbagi kisah dramatis saat jalankan profesinya.”Paling saya ingat saat membuka jalur di Medang-Bukit Lawang. Dahyat nih! Saya terjebak di dalam hutan belantara, hujan dan motor mati. Makin ‘afdal’ perbekalan habis seiring dengan fisik yang sudah terkuras. Masuk malam hari, suara binatang hutan terdengar sahut menyahut, ngeri! Akhirnya saya dan kedua teman saya berjalan kaki menyelusuri hutan. Syukurlah bertemu gubuk yang ternyata penghuninya orang Sunda. Ha..ha..aman dan merdeka!” girangnya.

Apa boleh buat, Dogman sudah jadi kumpulan professional. Mereka sudah kredibel dipercaya komunitas atau EO untuk mendesain jalur dalam kapasitas peserta sedikit ataupun yang massif. Bicara profit, Nanang ogah terbuka. “Prinsipnya kami ini hobies bukan pebisnis. Yang penting klien hepi dan tim Dogman juga hepi,” tutup ayah dari Bebeto Zipany dan Bebeta Zulkaida ini..

Salute and respect!

 

By: Isfandiari MD

 

1 thought on “DOGMAN, LOYALITAS TANPA BATAS

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: