December 9, 2021

Dogman Adventure 2018 Loyalitas Tanpa Batas EVENT PERDANA BERBASIS PERSAUDARAAN By Isfandiari MD

 

Moment ini terbilang bersejarah di zona Lapangan Cisena Alun-Alun Ciilat Kecamatan Sukadana-Ciamis. Sebuah jawaban nyata akan arti Loyalitas Tanpa Batas yang diusung komunitas adventure,  Dogman, sang pembuka Jalur yang digagas bro Nanang Sale. Yap, prinsip tadi menghasilkan energi besar tak hanya untuk adventurer tuan rumah dan mereka yang ikut, tapi juga bagi masyarakat setempat. Semua menikmati faedahnya.

“Sebuah event pertama yang membanggakan. Kami start denan modal nol besar! Alhamdulillah didukung banyak pihak. Semuanya support hingga mampu menjalani event sebesar ini,” haru Nanang Sale mewakili timnya. Bagi ridingread.com ini sungguh luar biasa. Event 2 hari ini bukan event skala kecil. Di hari pertama Sabtu 28 juli, mereka menggelar adventure Privat dihadiri 500-san adventurer.”Prinsipnnya semua enjoy, jalur yang keren dan  handicap terukur demi safety. Walau digelar di zona Ciamis, kami tak ingin berputar di sekitar sini saja! Jalur melingkupi 2 propinsi, Jawa Barat dan awal tengah merangkul Ciamis, Kuningan juga  Cilacap sejauh 150 km.

Rio dan Dede silaturahmi di venue. Kang Dede sekalian sosialisasi event mereka Gundala 3, di Pantai Pangandaran 8 September 2018
Beni Pria, tokoh pembalap Jabar ikutan hadir

 

Guru sang MC Gokil selalu diapit dayang dayang…kerenn!!!!

 

Parti biker hari pertama

PARTY BIKER TRAILMANIA          

Sabtu pagi, scramblers sudah menikmati segarnya udara tatar priangan Timur. Tokoh-tokoh trail enjoy hang out berbagi cerita sebelum start. Bro Rio Teguh Pribadi, ketua IMI 2012-1016 tampak dalam riungan berbagi cerita dengan beberapa tokoh, ada bro Dede Ecenk (Gundala), tokoh Pangandaran, H. Subur tokoh Pangalengan, tampak kang Agung Sweep dari Track Jakarta, seniman mang W. Afox dan Kemal, pembalap era 90-an Beni Baong Pria. H. Eboy (Pratama MX) , hadir juga Uus Husnaeni, Bos Hawex, tokoh adventure Ciamis dan banyak lagi. “Jalur yang ditawarkan keren dan menyenangan, kami enjoy sekali,” nilai H. Subur. “Itulah yang kami sasar..sensasi menikmati jalur. Nggak tanggug-tanggung, kami sebar 100 marshall  di titik-titik penting. Mereka siap membantu evakuasi, info jalur, warung, bengkel, tempat bensin sampai jalur terdekat jika ingin kembali ke lokasi start.

Venue lokasi start ini jjuga keren. Panggung dibuat artistik cozy untuk bersantai. Menjelang sore, para tralmania satu persatu memasuki lokasi finish. Pelepas penat, disuguhi bajiur, ubi, kacang dan peganan khas tatar Sunda. Malamnya diner party, kambing guling dan masakan lainnya. Wah..keren..keren!

Beres Isya, musik menghentak dari Raspati band mulai menggoda adrenalin tuk bergoyang. Beberapa tamu tersedot gairahnya menyumbangkan lagu.”Khusus buat adikku Nanang Sale, lagi I Don’t Wanna Talk About It-nya Rod Stewart,” buka Afox yang apik membawakan lagu  itu. Diusul  para brothers bersuara keren hangatkan suasana, dipadu  apik MC legendaris Rahmat ‘OS’ yang akrab di sapa  Abah Guru.

Malam minggu ini ‘pecah’ banget! Walau udara zona desa Sukadana Ciilat terbilang menusuk tulang. Alunan DJ menghentak di pamungkas acara hari ke-1 menjadi ‘panas’. He..he.., mau ikut merasakan suasana party mereka kemarin, coba simak foto-foto yang  kami kumpulkan. He.he..sang tuan rumah, Nanang Sale benar-benar enjoy the party!

Bebegig Ciamis bikin suasana lain…

 

Budaya daerah diapresiasi tinggi
Mang Eeng…selalu jadi pusat perhatian
Weits ada trainer motocros jempolan nih, H. Eboy Pratama MX Bekasi

DAY 2… TEMBUS 2000-an ADVENTURER DITEMANI BEBEGIG CIAMIS

 

Minggu pagi (29 Juli)  desa yang biasanya hening berisik suara motor  trail. Kerennya, Dogman tak cuma juga ingin mengajak warga ikut merasakan kebahagian ini.”Event ini harus dirasakan oleh semua orang,” tekadnya. Ini bukan ucapan basa-basi. Home stay ratusan bagi tamu yang menginap, langsung diipercayakann pada penduduk setempat.”Ikhwal ini biar warga merasakan manfaatnya. Silakan mengambiil rizki dari sewa rumah, kami hanya berpesan untuk menerima tamu dengan baik, etika dijaga, ramah tamah hingga mereka nyaman,” kata Nanang. Di jalur juga begitu, 100 marshal dikordinasi tim inti Dogman. Sisanya warga diberdayakan. Dampak adventure ini sungguh diirasakan banyak orang.”Kami ingin warga bukannya antipati tapi justru menanyakan lagi kapan digelar acara serupa? Nah, ini salahh satu indikator kesuksesan acara,” jelas mereka.

Makin lengkap, moment ini  alun-alun ini juga berengan dengan HUT Bhayangkara ke 72 dan HUT RI ke 73  jadi nggak heran, Kapolres Ciamis , Akbp Bismo Teguh Prakoso hadir membuka bersama jajarannya termasuk Polres Aiptu  Aris Munandar SH. “Acara yang bagus sekali, mengeksplore keindahan Ciamis. Selamat untuk tim Dogman,” kata bapak Kapolres dalam pidato pembukaan.”Keren! Loyalitas tanpa batas yang diusung Dogman sangat bermanfaat buat warga,” puji Aris.

Jadi cacatan juga, panitia terbilang concern pelestarian budaya lokal. Dalam seremoni pembukaa, dilibatkan kelompok budaya, Bebegig dari Sanggar Seni Bebegig Baladewa Sukamantri. Senimannya berkostum ala bebegig (mahluk mitologi seram) dengan berbagai aksesori khas sunda diiringi musik etnik. Suasana lain memang ditawarkan mereka. Moment ini juga dihadiri rekktor Universitas Galuh Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata M.Si . kang Nanang,Kang Bismo dan Kang Yat Rospia sempat berpose bareng di lokasi.

Pamungkas, event ini sanggat didukung Bupati terpilih Dr. Herdiat Sunarya.”Beliau sangat membantu suksesnnya acara ini. Kami dari Dogman juga warga sungguh berterima kasih. Malah kedepannnya beliau ingin mewujudkan event Dogman ini digelar di tengah kota Ciamis. Moga terwujud,” bangga Nanang.

Event yang paripurna. Congratz Dogman!

DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI, DOGMAN INGIN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH PADA:

-Seluruh rekan tracker yang mensuport acara ini

– Megapro, team management, Bos H. DK

-H. Dedi

-Seluruh warga Ciilat

-Aparat Kepolisian dan TNI

-Tokoh Masyarakat setempat

-DAN SELURUH SPONSOR ACARA INI:

 

THANK’S FOR ALL SUPPORT

 

Ala camping ground juga ada..nice!
All brothers, scramblers trail tua juga enjoy
Ridingread.com berkesempatan selfie dengan kang Afox

LEBIH DEKAT DENGAN NANANG ‘ SALE ‘ SUPRIATNA

 

GEBRAKAN BOS DOGMAN

Brothers satu ini sungguh inspiratif. Profesinya langka dan jarang dilirik orang. Ia dan timnya konsen membuka jalur adventure untuk para scrambler yang doyan tantangan. “Itulah inti Dogman, kumpulan pembuka jalur yang saya kelola,” buka  pria lansiran 1968 yang beken disapa Nanang Sale ini.

Konsen di jalur (lokasi adventure) sudah kira-kira 14 tahun. Ia cergas sekali mendesain jalur yang bakal dilalui tim atau event adventure yang mengontaknya. Medan yang dilalui bervariasi, x-trem, sedang dan enjoy alias gampang dijajal. Ini bukan perkara  mudah! Nanang dan tim harus survey duluan, masuk ke lokasi entah berantah dengan medan berat. Jika melewati sungai kecil atau jurang ia wajib membuat jembatan untuk dilalui nanti. Belum lagi pendekatan pada penduduk, tokoh masyarakat dan pemuda setempat.”Ini  penting. Mereka harus dilibatkan agar pas event berlangsung, aman tidak ada hambatan,” kisah pria yang dulu berbinis perkayuan ini.

Ia berbagi kisah dramatis saat jalankan profesinya.”Paling saya ingat saat membuka jalur di Medang-Bukit Lawang. Dahyat nih! Saya terjebak di dalam hutan belantara, hujan dan motor mati. Makin ‘afdal’ perbekalan habis seiring dengan fisik yang sudah terkuras. Masuk malam hari, suara binatang hutan terdengar sahut menyahut, ngeri! Akhirnya saya dan kedua teman saya berjalan kaki menyelusuri hutan. Syukurlah bertemu gubuk yang ternyata penghuninya orang Sunda. Ha..ha..aman dan merdeka!” girangnya.

Apa boleh buat, Dogman sudah jadi kumpulan professional. Mereka sudah kredibel dipercaya komunitas atau EO untuk mendesain jalur dalam kapasitas peserta sedikit ataupun yang massif. Bicara profit, Nanang ogah terbuka. “Prinsipnya kami ini hobies bukan pebisnis. Yang penting klien hepi dan tim Dogman juga hepi,” tutupnya ayah dari Bebeto Zipany dan Bebeta Zulkaida ini. Kini Dogman makin establish lagi..mampu membuat event gede perdana mereka dan sukses. Salute and respect

NANANG SALE HAPPY MOMENT

Nanang, Aris dan Abah Guru-Trio yang kompak!
Pose bareng Bebegig Ciamis-LOYALITAS TANPA BATAS…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: