Sat. Oct 16th, 2021

Kinerja nyata majukan Petani

DIREKTUR PEMBIAYAAN PERTANIAN GANDENG BSI UNTUK SALURKAN KUR SEKTOR PERTANIAN

                PERAN STRATEGIS, KONTRIBUSI NYATA By Ridingread.com

…Pembangunan pertanian tetap memegang peran strategis dalam perekonomian nasional. Peran strategis tersebut digambarkan melalui kontribusi yang nyata melalui pembentukan kapital, penyediaan bahan pangan, bahan baku industri, pakan dan bio energi, penyerapan tenaga kerja, sumber devisa negara dan sumber pendapatan serta pelestarian lingkungan melalui praktek usaha tani yang ramah lingkungan….

 Dalam rangka membantu permodalan dan memberdayakan para petani/peternak/pekebun dan pelaku agribisnis pada umumnya, Pemerintah telah meluncurkan berbagai skema kredit program dengan insentif yang diberikan kepada petani berupa subsidi suku bunga dan atau penjaminan kredit.’Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu skema kredit/pembiayaan yang diberikan oleh Perbankan dengan pola penjaminan, yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah, lembaga penjamin dan perbankan, dengan imbal jasa penjaminan disediakan Pemerintah. KUR ini dapat dimanfaatkan untuk membiayai semua usaha produktif termasuk sektor pertanian yang layak (feasible) tetapi belum bankable dari aspek agunan tambahan.

Dalam rangka percepatan realisasi KUR Sektor Pertanian, Indah Megahwati selaku Direktur Pembiayaan Pertanian pada Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian melakukan pertemuan dengan pihak Bank Syariah Indonesia di kediaman pada Selasa (16/02/2021). Bank Syariah Indonesia sendiri berdiri pada tanggal 1 Februari 2021, dengan merger antara Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, dan BRI Syariah.

Pertemuan itu diantaranya membahas mengenai penyaluran KUR Sektor Pertanian. Indah menggaet BSI agar segala bentuk fasilitasi pembiayaan untuk petani/peternak/pekebun dan pelaku agribisnis lainnya dapat dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing. “Kalau masyarakat mau KUR yang konvensional bias diajukan ke BRI, BNI, Mandiri dan Bank lain. Tetapi jika ingin model pembiayaan yang syariah, kami sudah menyediakan penyalurnya, yaitu Bank Syariah Indonesia” Papar Indah pada tim kami. Pada pertemuan tersebut, BSI diwakili oleh Lis Febrina selaku Development Head Government Institutional Relationship Department Funding & Digital Banking Division beserta beberapa stafnya. Hadir juga John Tarigan dari Garda Bio Nusantara sebagai pendamping kelompok tani dan gapoktan yang akan mengawal rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) bagi petani yang akan mengajukan KUR.

Dirut PT Inovasi Desa Nusantara (Inovesa) juga tampak hadir pada pertemuan tersebut. Sholikin selaku Dirut menyampaikan bahwa Inovesa siap menjadi offtaker pertanian untuk Bank Syariah Indonesia, dan hal ini selaras dengan visi Inovesa yaitu untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan, salah satunya adalah dengan ikut mendorong kesejahteraan petani.

Maju terus petani Indonesia!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: