Mon. Oct 19th, 2020

CRUISER JEPANG SAINGAN HARLEY BY M0R4

Persaingan dalam memuaskan keinginan bikers menjadi tantangan bagi setiap pabrikan.

Ruang persaingan ini, membuat bikers mendapatkan pilihan yang beragam dengan kelebihan masing-masing dan tidak lagi hanya satu merek.
Harley-Davidson menjadi merek yang sangat dikenal, termasuk untuk two-wheelers kategori cruiser. Harley yang mulai produksi tahun 1903 dan menjadi bagian dari sejarah serta budaya Amerika, juga berhadapan dengan pesaing dari pabrikan two-wheelers asal negeri sakura.
Kali ini Ridingread pilihkan two-wheelers terbaik kategori cruiser asal Jepang yang menjadi pesaing Harley sekarang ini.

  1. Kawasaki Vulcan 900
    Kawasaki memiliki sejarah panjang dalam menghasilkan two-wheelers, salah satu hasil karya besarnya adalah melahirkan Vulcan 900. Kawasaki Vulcan 900 yang menjadi pesaing Harley, pertama kali diperkenalkan tahun 2006. Sekarang ini dengan 903 cc (55.10 cubic inch) yang mampu sampai 3.500 rpm, bermodal 4 langkah piston, V-Twin, 4 katup masuk juga buang, SOHC, berpendingin cairan dan berat 281 kg. Memang tidak secepat Harley, namun menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan juga oleh para cruisers.
    Sebagai pesaing tambahan, ada juga Vulcan 1700, tipe dengan cc 1.700, mesin V-Twin yang menggunakan fuel-injected secara digital dan berat 406 kg serta memiliki maksimum torsi 2.750 rpm. Vulcan ini juga menggunakan fitur Kawasaki Advanced Coactive-braking Technology (K-ACT II) ABS and electronic cruise control untuk kenyamanan biker dalam perjalanan.
  1. Honda CMX500 Rebel S
    Cruiser besutan Honda ini, digerakan mesin twin-cylinder secara paralel yang terbukti responsif, 471 cc, DOHC, berpendingin cairan, mampu mencapai 6.000 rpm dan cukup ringan karena memiliki berat hanya 190 kg. Honda CMX500 Rebel menghasilkan gas buang yang telah memenuhi standar Euro5 yang lebih ramah lingkungan. Kelebihan lain, posisi duduk dengan ketinggian yang cukup sehingga tangan lebih rileks saat menjelajahi jalanan, termasuk nyaman untuk ditunggangi bikers cewek.
  1. Suzuki Boulevard M50
    Two-wheelers ini cukup pantas menjadi pesaing Harley. Walau tidak terlihat garang sebagai pesaing, namun jauh lebih kuat dari apa yang terlihat, bermesin 805cc (50 cubic inch), V-Twin dengan injeksi bahan bakar termutakhir dari pabrikan Suzuki, menjadikan Suzuki Boulevard M50 sangat responsif.
    Bentuk dan desain tunggangan ini memang diutamakan untuk para bikers penjelajah jalan raya.
  1. Yamaha Bolt R-Spec
    Tunggangan ini termasuk besutan yang mengesankan dari Yamaha dan pas menjadi koleksi para bikers. Yamaha Bold R pertamakali diperkenalkan tahun 2013. terus dikembangkan dan makin mantab, model teranyar, berbekal mesin 942 cc, berpendingin udara, dipilih menggunakan SOHC untuk lebih mengurangi gesekan, bermesin V-Twin bersudut 60 derajat serta dengan 5 tingkat kecepatan dan berat 252 kg. Melihat tampilan dan kegagahan Yamaha Bolt R-Spec, yang tidak kalah dengan Harley, membuat two wheelers ini mampu menjadi pesaing kuat.
  1. Suzuki M109R B.O.S.S
    Ini two-wheelers yang berotot dan sangat bertenaga dengan kinerja dari mesin 1.783 cc, berkekuatan maksimum 6.200 rpm, DOHC, berpendingin cairan, dengan V-Twin bersudut 54 derajat yang kuat, agresif dan mendorong adrenalin saat dikendarai. Suzuki M109R B.O.S.S dengan tampilan penjelajah klasik tanpa menghilangkan kekuatan dan dorongan mesin yang didambakan para bikers.
    Suzuki Boulevard M109R B.O.S.S memanfaatkan keunggulan Suzuki Advanced Sump System (SASS) dalam mengurangi ketinggian mesin dan membuat posisi kruk as lebih rendah. Penurunan posisi mesin ini membuat titik pusat beban gravitasi menjadi lebih rendah sehingga pengendalian lebih baik.
    Di Amerika, Suzuki M109R B.O.S.S menjadi pesaing langsung Harley-Davidson, yang membangkitkan kembali penikmat tipe FXRT sebagai salah satu model softail.

Dari daftar di atas, kasih komentar mana yang paling mendekati Harley-Davidson (HD)?
Dan mana yang menjadi pesaing potensial HD?

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: