December 9, 2021

Cerpen Mang Yankee, Wartawan Ridingread.com GAK USAH TAKUT MISKIN….

” Bang… ayo bangun.. udah jam lima, nanti keburu siang.. ” pedagang kopi asongan membangunkan ke empat anak muda yang tidur di emper toko beralaskan kardus yang kesemua tasnya di jadiin bantal. Keempat pemuda itu satu persatu bangun lalu gak pake lama ngikutin tukang kopi asongan keluar Pasar Caringin nyebrang ke arah jalan Babakan Ciparay menuju mesjid untuk menunaikan shalat subuh berjamaah.

 

Jalan Babakan Ciparay Bandung lumayan cukup panjang membentang dari arah Soekarno Hatta sampai ke arah jalan Peta Lingkar Selatan. Jalan ini terkenal sebagai markas pusat klub bobotoh Persib, BOMBER. Klub bobotoh yang santun dan mereka mampu menjaga nama jalan Babakan Ciparay dgn baik.

 

” Kita cari sarapan dulu ya di pasar, beres  sarapan nanti kita ke tempat Ustad dulu baru agak siangan ke Pemakaman Caringin ” ajak si penjual kopi asongan kepada empat pemuda yg sudah keliahatan seger. Mereka semua mandi di mesjid yg lumayan cukup luas.  ” Mang. tadi malam kita cuma beli empat gelas kopi, tapi mamang pagi ini nraktir kita sarapan. rugi dong mang ” tanya salah satu pemuda dgn logat sunda khas sukabumi itu heran…

Penjual kopi itu tersenyum ” kalian semua  musafir ” dengan entengnya si penjual kopi menjawab lalu membacakan satu ayat al quran.  ” Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”  ( QS Al- Baqoroh 268 )

Setelah penjual kopi itu membacakan terjemahan satu ayat al quran lalu berjalan menuju arah jalan keluar pasar caringin menuju kediamannya Ustadz Rock N’ Santri Roll

 

Pasar Caringin, May Day 2018

IKLAN

Be there bro…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: