Thu. Oct 1st, 2020
Weekend Camp Ka Sungai Batu Kajang Kaltim

CATATAN PERJALANAN. WEEKEND CAMP DI KA SUNGAI BATU KAJANG BY AGUNG SAPUTRA

Tim “Explore Your Time” mengisi akhir pekan sekalian silaturahmi dalam suasana Idul Adha 31 Juli 2020 lalu.

Ini catatan perjalanan saya, Agung. Meluncur ke Batu Kajang dari Balikpapan ditemanin sama bunda Rina. Kami hanya berdua yang dari Balikpapan. Berangkat start jam 11 siang menuju pelabuhan Fery. Perjalanan menyeberang dari Balikpapan ke Penajam di tempuh waktu kurang lebih 1 jam.

Kapal sandar di dermaga Penajam tepat jam 1 siang. Kami berdua langsung tancap gaspoll. Suasana poros jalan raya sangat amat sepi. Jadi kami bisa tancap gas 80 – 100 km/jam. Karena perjalanan lancar dan gaspoll tidak terasa sampai di Gunung Rambutan jam 3 sore. Penajam ke Gunung Rambutan hanya 2 jam gaes… Klop sebagai bikers outsiders.

Tiba di Gunung Rambutan langsung rehat sejenak. Perjalanan tanpa istirahat jadi bokong kesemutan hahaha… Tempat kami rehat sangat bagus. Bisa nikmatin indahnya air terjun Gunung Rambutan sambil ngopi gaes.

Setelah rehat 30 menit. Perjalanan lanjut ke tikum rumah sahabat Explore di Batu Kajang. Jaraknya sekitar 15 menit. Alhamdulillah, selamat sampai tujuan di rumah Andy. Tim Batu Kajang sudah menunggu dan ke lokasi camping.

Tim Explore Batu Kajang ada 8. Ada Andy, Septa, Okta, Yahya, Dimas, Alam, Nana dan Dhita. Wow 6 cowo 2 cewe. Luar biasa karena mereka semangat sekali dengan rencana bermalam di hutan untuk 2 malam.

Dalam perjalanan Penajam sampai Batu Kajang tadi tidak terlihat warung makan yang buka. Ini karena hari raya Idul Adha. Pantes perut kita berdua kaya dibelender ujar bunda Rina. Tapi alhamdullilah tuan rumah menyajikan lontong sayur… Gak banyak omong langsung tancap gas…lapaarrr…gaes.

Setelah urusan perut damai. Kita siap menuju lokasi. Semua semangat dan penuh keceriaan walau cuaca hujan. Semua dilalui dengan santai. Jarak tempuh treking dari parkiran motor menuju lokasi sekitar 1,5 km.

Walau dekat karena hujan perlu berhati-hati. Jalanan licin. Banyak bebatuan. Lewat tebing pinggir jurang. Kita semua mulai treking jam 4.30 sore. Sampai lokasi tempat dimana kita camping sekitar jam 6 sore.

Semua langsung bergerak. Cowo langsung mendirikan tenda, cari kayu bakar. Sedangkan cewe menyiapkan makan malam. Lokasi camp beralaskan bebatuan kali. Ada yang besar dan kecil. Tidur di atas batu, kayak tidur sambil refleksi gaes.. hahahaha…

Malam pun tiba. Api unggun telah menyala. Karena suasana lebaran kurban jadi menu kali ini mantap gaes… Daging sapi bakar dan daging payau…yummy! Santap malam mulai jam 11. Perut sudah mulai berontak.

Makan malam nikmat dan damai di pinggir Ka Sungai. Ditemanin suara alam. Gemericik air yang mengalir. Udara segar yang membuat suasana malam itu sangat tenang. Setelah makan acara santai sampai pagi. Sambil main gitar dan menikmatin secangkir teh panas…jossss.

Pagi masih ditemanin hujan gerimis dari malam. Udara dingin, menggugah saya untuk menyalakan api lagi. Semua yang bangun menikmati pagi pertama di Ka Sungai. Tidak banyak bicara langsung pada terjun ke sungai untuk mandi. Wuih…dingin dan segar.. nyaa.

Hari kedua. Hujan begitu deras sampai tengah malam. Lanjut hujan gerimis menemani sampai pagi. Tengah malam, saat tidur dikagetkan panggilan Andy “banjir mas… Banjir”. Saya langsung loncat keluar tenda. Semua terbangun. Memberes tempat kumpul dan makan. Walau langit terlihat mulai cerah tapi semua pasang hammock untuk melanjutkan tidur.

Pagi hari ketiga terang dengan sedikit berawan. Semua bangun untuk sarapan. Suhu masih dingin. Dua malam ditemani hujan. Jam 11 bersiap untuk pulang karena cuaca mulai berubah gelap berawan. Keluar hutan kembali dihajar hujan deras. Treking terasa makin susah.

Jam 1.30 siang alhamdulillah kami sudah sampai di parkiran motor. Nana, Dhita, Alam dan Dimas pisah pulang duluan. Sampai ketemu lagi gaes. Jangan kapok yaaa… Saya, bunda Rina, Yahya, Septa dan Okta meluncur ke rumah Andy. Rehat 1 jam di rumah Andy.. Disajikan minuman dingin seger dan cemilan kas ala Banjar mantaap.

Kami pun berdua langsung tancap gas pulang ke Balikpapan. Sampai di pelabuhan Fery jam 7 malam. Dan sampai di rumah jam 9 malam. Terima kasih semuanya. Camp berikutnya kita bareng lagi. Salam Lestari.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: