Fri. Sep 18th, 2020
Catatan Perjalanan RR ke Air Terjun Sondong Kalimantan Timur

CATATAN PERJALANAN KE AIR TERJUN SONDONG BY AGUNG SAPUTRA

Assalamualaikum buat para penggiat alam.

Kali ini tim Explore Your Time menelusuri hutan di daerah Long Ikis, Kalimantan Timur. Tidak begitu jauh dari kota Balikpapan.

Hay Gaes tanggal 4 September lalu. Jam 7 pagi saya dan bunda Rina start dari Balikpapan. Menuju pelabuhan ferry Kariangau.

Setiba di pelabuhan lalu langsung masuk ke kapal untuk menyeberang ke penajam. Seperempat perjalanan kapal berbalik kembali ke Kariangau.

Sempat binggung ferry balik lagi. Ternyata ada ABK yang tertinggal. Sempat kesel tapi ya dibawa senyum aja.

Saat ferry berangkat kembali cuaca berubah mendung dan hujan gerimis. Jam 10 kapal sandar di pelabuhan penajam. Kami langsung tancap gas.

Alhamdulillah sampai di cekpoin Simpang pait keadaan aman. Bisa kumpul dengan kawan-kawan dari Batu Kajang, Grogot, dan Long Ikis.

Tim ngetrip ke air terjun Sondong. Ber 17an akan camping selama 3 hari 2 malam di lokasi air terjun Sondong.

Saya sama Andi, Septa, Okta, Yaya, Dimas, Alam, Aji, Yudi, Ecen, Bagus, Nana, Dhita, Jansen, Putra, Dimas dan Bunda Rina.

Selesai sholat jumat kita meluncur semangat. Dipertengahan jalan cuaca mulai berubah sedikit demi sedikit jadi gelap hujan gerimis pun mulai turun.

Karena banyak jalan rusak dan berlumpur, akhirnya tim rehat sejenak. Mengumpulkan tenaga dan menunggu kawan yang lain yang tertinggal dibelakang.

Rute ke Sondong cukup ekstrim beberapa sempat terjatuh. Tim langsung menghampiri dan membantu. Dibawa santai dan saling tertawa.

Sore mulai senja kami tiba diparkiran motor. Jam 5 lewat kami langsung prepare dan menuju lokasi camp.

Jarak dari tempat kami parkir motor tidak jauh Gaes. Bisa ditempuh jalan kaki. Gemericik air mulai terdengar. Ayooo… Gaesss…uhuuyyyy.

Masing-masing membersihkan tempat lokasi untuk beristirahat. Ada yang mendirikan tenda, cari kayu bakar, pasang hammock, masak, dll.

Suasana malam pertama di puncak air terjun Sondong sangat dingin. Makanan sudah siap Gaes. Selasai makan kita semua santai sejenak.

Tidur sangat nyenyak tidak terasa pagi pun datang. Sejuknya udara pagi semuanya masih asri. Aktifitas pun dimulai.

Melihat dari puncak air terjun Sondong. Air meluncur deras ke bawah. Air terjun dengan 7 tingkat semakin ke bawah semakin lebar.

Keren abis. walau medan ke lokasi susah. Semua terbayar dengan keindahan alam lokasi. Karena asyik tidak terasa sudah siang.

Setelah makan siang. Lanjut menelurusin air terjun ke dasar. Jalan ke dasar licin. Biar aman saat turun disiapin tali gaes.

Sore dan malam dilalui sambil menikmati keindahan air terjun Sondong. Pagi ditemani hujan. Semua setuju keluar lokasi sekitar jam 12.

Meski jalan makin parah karena hujan. Kebersamaan, tolong menolong, membuat semua rintangan bisa lewati. Semua happy.

Alhamdulillah semua selamat. Jam 7 malam kami sudah berada di jalan utama kembali. Di Simpang Pait, semua rehat dan makan.

Jam 9 malam kami berpisah dengan tim yang ke Grogot dan Batu Kajang. Bersama bunda Rina, saya meluncur ke Balikpapan.

Ferry berangkat dari Penajam jam 11 malam. Bisa tidur sejenak. Perjalanan cukup melelahkan. Terbayar dengan keindahan air terjun Sondong.

Alhamdulillah sampai di rumah sekitar jam 1 dini hari.
Waktunya tidur nyenyak gaes. Sampai bertemu di next trip, Salam Lestari.