Sat. Sep 26th, 2020
Jelajah Riam Pungson Muara Komam Paser Kalimantan Timur

CATATAN PERJALANAN JELAJAH RIAM PUNGSON KALIMANTAN TIMUR BY AGUNG SAPUTRA

Riam Pungson adalah salah satu riam di Muara Komam.

Tim Explore Your Time coba menjelajahi indahnya Riam Pungson kecamatan Muara Komam, kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Pagi tanggal 22 Agustus lalu saya dan bunda Rina meluncur dari kota Balikpapan. Start sekitar jam 8 langsung menuju pelabuhan ferry Kariangau.

Sejam kemudian ferry sampai di seberang. Kami segera tancap gas ke Batu Kajang. Diperjalanan sempat rehat sebentar di Kuaro.

Waktu terus berjalan cepat. Perjalanan lanjut ke Batu Kajang. Alhamdulillah semuanya lancar hanya sedikit panas di bokong karena perjalanan jauh.

Jam 1 siang kami tiba di tempat tinggal kawan di Batu Kajang. Santai dulu sejenak sambil menunggu yang lain prepare.

Selesai prepare semua bergegas bergerak ke TKP. Kali ini yang ikut camping ada 10 orang. Saya, bunda Rina, Andy, Septa, Okta, Yahya, Dimas, Alam, Aji dan Bagus.

Perjalanan dari Batu Kajang ke Muara Komam saat panas cukup terik. Jam 3 sampai di Muara Komam.

Dari jalan utama ke tempat parkir motor sekitar 4 km. Melewati bukit-bukit tinggi, cukup terjal dan dihiasi pemandangan yang luar biasa.

Setelah parkir lanjut tracking jalan menurun sejauh 1 km. Alhamdulillah jam 4 sore sudah berada di Riam Pungson.

Perjalanan yang menguras energi tadi terbayar semua. Melihat indahnya Riam Pungson. Walau riam gak terlalu tinggi tapi airnya begitu bening.

Tidak terlena dengan keindahan. Kami langsung menyiapkan perlengkapan camping. Ada yang bangun tenda dan cari kayu bakar dengan semangat.

Malam pun tiba. Alam sekitar terlihat gelap gulita. Api unggun sudah perlu dinyalakan.

Perut mulai tidak bersahabat. Sudah waktunya makan. Menu makan malam pertama ayam bakar gais. Sehat joosssss, terimakasih Dimas buat ayam siap bakarnya.

Udara malam dingin. Langit bertaburan bintang yang siap menemani. Suara gemericik air terdengar mesra berirama. Suasana yang bikin kami happy.

Pagi yang sejuk dan segar. Pemandangan riam yang asri. Betapa indahnya ciptaan mu Tuhan.

Semua semangat beraktivitas di hari kedua. Air riam tetap dingin meski matahari bersinar terik. Berenang dan memancing seharian selain menjelajah sekitar riam jadi mengasikkan.

Malam kedua terasa lebih dingin. Semua beristirahat rada cepat. Menyiapkan tenaga untuk perjalanan pulang besok.

Jam 6 kami sudah bangun dan sarapan. Terus membereskan perlengkapan camping dan membersihkan lokasi.

Semua meninggalkan lokasi jam 10 pagi. Sampai di Batu Kajang sekitar jam 12. Rehat sejenak mengisi perut. Lanjut jalan ke Balikpapan.

Diperjalanan terasa sangat ngantuk gak sanggup. Saya putuskan rehat di Long Ikis. Sampai di warung makan tempat kami biasa singgah langsung ambil posisi tuk tidur.

Sangking ngantuknya gak terasa sudah jam 5. Segera prepare untuk melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah tidak ada halangan. Tiba di Balikpapan jam 9 malam.

Sampai ketemu di next trip. Salam lestari!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: