Mon. Oct 19th, 2020

CATATAN PERJALANAN BIKER, BALIKPAPAN KE LIBUR DINDING SAAT NEW NORMAL BY AGUNG SAPUTRA

…Catatan perjalanan sahabat Ridingread, bro Agung Saputra…

Hallo Gaes kali ini tim ‘Explore Your Time‘ bersama kawan-kawan, tepatnya tanggal 10 Juli, hari Jumat kami berencana camping 3 hari 2 malam di air terjun Doyam Gelogor, desa Libur Dinding, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Suasana pagi di kota Balikpapan mendung, tapi kami semua harus tetap bergerak menuju lokasi.. kali ini kami camping bareng tim dari daerah Grogot dan Batu Kajang… Personil yang berangkat dari Balikpapan ada 6 yaitu gw, bunda Rina, Oki, Rabiul, Viandra n Rini. Sedangkan tim dari Batu Kajang yaitu Andy, Septa, Yahya, Ryos, Okta serta tim dari Grogot Ayub, Lukman, Ari, Iwan, Zulham, Amrun, Ziki, Bahraeni. Gw n tim dari Balikpapan, cek poin di kosannya bang Donny jam 8 pagi. Sambil menunggu Bunda keluar dari kantor jam 9 kami melakukan prepare ulang. Kali ini bang Donny n Indah tidak bisa ikut karena sikon kerja yang tidak bisa ditinggal.

Setelah terkumpul kami langsung berangkat ke pelabuhan ferry di Kariangau. Perjalanan nyeberang ke Penajam ditempuh dalam 1 jam. Tepatnya jam 11, kami sudah berada di Penajam n langsung tancap gas menuju TKP. Sampai di daerah Long Kali, bikes yang dipakai Oki goncengan sama Rini tiba-tiba mengalami trouble, pas dicek ternyata CDI motornya ilang lepas dari motor sangking lajunya… Setelah hampir 2 jam keliling, cari CDI yang lepas tidak ketemu, gw pergi ke bengkel untuk beli yg baru. Urusan selesai, kami lanjut tancap gas.. Musibah datang lagi, Viandra bergoncengan sama Rabiul…hampir tabrakan, n Viandra-pun langsung membelokkan motor ke selokan tumpukan pasir n Rabiul-pun spontan loncat dari motor, Alhamdulillah tidak terjadi hal yang fatal. Mungkin karena lelah n kecapean atau kurang tidur akhirnya saya memutuskan untuk istirahat ke warung kopi. Selesai istirahat, kami lanjutkan perjalanan karena sudah meleset jauh dari perkiraan jam sampai di TKP.

Tim dari Grogot sudah langsung menuju TKP n tim dari Batu Kajang nungguin kita sudah terlalu lama di terminal Kuaro… Akhirnya kami – tim Balikpapan merapat di cek poin terminal Kuaro jam 4 sore. Pas mau prepare ke TKP, tiba-tiba hujan deras, kami tetap melakukan perjalanan yang kurang lebih 4 jam untuk sampai ke TKP.

Senja pun tiba, kami baru berada di desa Luan, Muara Samu. Akhirnya kami pilih untuk lebih santai dalam perjalanan, karena biar ditancap gas pasti sampainya malam juga, ini semua demi keselamatan tim. Jam 8 malam, kita sampai di desa Libur Dinding, kami semua rehat sejenak n isi perut yang sudah gak tahan laparnya.

Satu jam istirahat, kami bergerak lagi… gw sudah bisa perkirakan jalanan menuju air terjun pasti rusak karena hujan dan betul, motor kita semua gak ada yang sanggup melewatinya. Jadi semua motor di parkir deh di tengah hutan, n kita semua ngelanjutin dengan tracking jalan kaki sejauh 18km. Jalanan licin, gelap, kanan-kiri hutan rimba, penerangan cuma senter, rasa was-was di tim kami pasti terasa. Alhamdulillah semua berjalan dengan selamat sampai di TKP jam 2 malam. Tim dari Grogot pun kaget, melihat kita datang jam 2 malam.

Setelah sampai kami bergerak untuk prepare dirikan tenda, pasang hammock, masak air untuk buat kopi n teh, karena suhu mulai terasa amat dingin apa lagi abis hujan. Setelah semua selesai kami semua mandi sebelum istirahat karena semua pakaian gak ada yang bersih semua penuh lumpur, jatuh bangun diperjalanan. Seru n asik, semua kami lewatin dengan santai. Gak terasa matahari pun terbit kawan-kawan dari Grogot pada sudah bangun untuk prepare sarapan dll..karena mereka cuma camping semalam. Sedangkan tim Batu Kajang n Balikpapan masih tepar karena baru bisa tidur jam 4 subuh n gw jam 5 sudah bangun untuk prepare cari kayu bakar buat api karena suhu amat dingin, sekalian buat kopi di pagi sambil nyantai menikmatin suasana alam.

Gak terasa sudah siang, semua pada bangun tuk melakukan aktifitas masing-masing, ada yang mancing cari ikan, ada yang nyuci pakaian, ada yang masak, ada yang hunting foto, semua memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Setelah makan siang tim dari Grogot prepare tuk pulang, perjalanan 4 jam ditempuh-tracking jalan kaki.

Tidak terasa waktu berjalan, senja pun tiba, sambil prepare buat malam, tiba-tiba hujan turun tidak henti sampai pagi, suhu di hutan pun makin terasa sangat dingin dibandingkan di malam sebelumnya. Pagi tiba hujan gerimis pun masih menemanin kami, dinginnya luar biasa, gw langsung keluar dari tenda tuk buat api dengan kayu yang basah, Alhamdullilah masih bisa terbakar walau agak lama, tetap semangat n sabar. Sampai siang cuaca ekstrim, kami tetap prepare untuk pulang, target sebelum senja kita sudah sampai di tempat kami parkir motor, dengan berjalan kaki. Alhamdulillah, semua selamat sampai di parkiran motor, di tengah hutan. Kami melanjutkan perjalanan dengan bersepeda motor. Tim Balikpapan istirahat sejenak melewati magrib dulu sedangkan tim Batu Kajang tetap melanjutkan perjalanan pulang. Hati-hati ya, Gaes… sampai ketemu lagi di trip berikutnya, akhir bulan ini, hati-hati selamat sampai tujuan see u.

Setelah rehat 1 jam, tim Balikpapan melanjutkan perjalanan pulang, dengan ditemani hujan gerimis, dinginnya nyusuk sampai ke tulang. Alhamdulillah perjalanan pulang gak ada kendala, kami sampai di pelabuhan ferry jam 1 malam. Sampai di rumah kurang lebih jam 3 subuh. Perjalanan yang melelahkan tapi terbayar semua dengan keindahan alami di air terjun Doyam Gelogor.

Note: halo Gaes kalau berkunjung kesana jangan lupa jaga kebersihannya ya.. jangan buang/tinggalkan sampah sembarangan kecuali jejak…salam lestari dari ‘Explore Your Time’ buat negri tuk negri.