Fri. Oct 23rd, 2020

Burung Kondor yang Penyabar

MODIFIED Motorcycle Club (MMC) Outsiders memiliki lambang klub. Lambang ini memiliki sejarah hingga diputuskan digunakan. Logonya bergambar kepala burung Kondor.

Menurut mereka burung kondor adalah burung penyabar dan tidak mau memakan makhluk hidup.

Pada 1988, empat sekawan yang mempunyai motor bermerk sama, Binter Merzy, yakni Isfandiari (Lion), Gingin Kurnia, Adjie Jamhoer, dan Widi (almarhum), sepakat mendirikan klub motor bernama Merzy Motorcyle Club (MMC). Mereka kemudian disebut Dewan Kehormatan klub.

Dalam laman ridingread.com disebutkan pada 1989, MMC pernah memiliki logo bergambar tengkorak dan sempat juga memakai kepala jin.

Laman tersebut mengisahkan sekitar tahun 1990-1991-an, para Dewan Kehormatan mengusulkan dua ide colors, burung Kondor dan Matahari. Untuk burung Kondor sempat mendapat dukungan dari Indra Bluse Mann, salah satu sesepuh modifikator handal.

Saat itu ide colors matahari dimunculkan karena Binter Merzy merupakan produk jepang.

Pada 1992, dari kedua ide tersebut, dipilih burung kondor. Mengenai tempat pemilihan logo tersebut ada dua versi. Dalam laman itu menyebut Pangandaran dan Pantai Pameungpeuk. Atas kesepatakatan, Pantai Pameungpeuk disebut tempat penetapan logo Burung Kondor.

Colors itu didesign ulang oleh Jefrey Kareem. Jefrey Karem memiliki pendapat lain mengenai tempat penetapan logo. Dalam laman ridingread.com, dia mengatakan Pangadaran adalah tempat penetapan logo. Adapun di Pantai Pameungpeuk merupakan tempat disepakatinya nama Outsider.

Awalnya burung kondor didesainnya seluruh badan. Kemudian didesain ulang menjadi kepalanya saja dan ditetapkan pada 2005. Berbarengan dengan diresmikannya kembali MMC Outsiders setelah reborn pada 2001.

MMC Outsiders sempat vakum dan lahir kembali pada 2001. Berevolusi pada 2005 menjadi MMC Outsiders dari yang semula singkatan dari Merzy Motorcycle Club menjadi Modified Motorcycle Club.

Dari perubahan ini, MMC Outsiders bisa menerima merk motor lain, asal sudah dimodifikasi (custom culture). (januar ph/*)

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: