Sat. Nov 28th, 2020
Bikers Paripurna Tantin ST-Dio

BIKERS PARIPURNA: MOTOR SEHAT….BADAN JUGA SEHAT. AYO LEBIH PEDULI By Isfandiari MD

….Ada kritik nih dari pakar kesehatan..

Banyak lo, motoris yang sangat peduli pada motonya.., tiap bulan servis, ada gangguan dikit, langsung periksa ke bengkal. Oli terjaga dan berkualitas bagus, pokoknya motor dirawat banget.

Tapi, dia lupa kesehatan dia sendiri. Gaya hidup amburadul, badan nggak pernah olah raga, otot pada lemes, ujung-ujungnya sakit-sakitan dan nggak bisa turing. Nah…. Kalau udah gitu ya percuma punya motor keren juga. Bener nggak?…

Bikers Paripurna Tantin ST-Dio
Tantin Octavia Wulandari-Tantin ST-Dio

Obrolan itu datang dari dua cewek instruktur aerobik dan seorang binaragawati, Tantin Octavia dan Anoy Roz. Mereka juga lady bikers dari klub MMC Outsiders Nationz berpusat di Bandung.

“Idealnya, bikers harus mementingkan kesehatannya sendiri. Selain rajin olah raga juga makanan sehat,” jelas instruktur dan pemilik studio berbendera Tantin ST-Dio di bilangan Tangerang ini.

“Kadang mereka cuek dan nggak memerhatikan kesehatannya sendiri, padahal untuk merawat motor mereka sangat teliti,” tambah Anoy Roz, binaragawati tingkat Asia yang menjadi duta klub ini.

“Coba aja lihat, banyak bikers yang overweight, perut buncit alias tidak atletis. Ini sangat berbahaya buat kesehatan mereka. Makanya olah raga sangat diperlukan!” wanti Tantin.

Mereka berharap bikers lebih memperhatikan hal ini. Idealnya, klub lewat pengurusnya melakukan kegiatan-kegiatan bersama seperti senam, aerobik, zumba atau lainnya agar life member bisa menjalani hidup sehat dan terbiasa mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat cukup.

“Bikers paripurna itu, motornya keren, dianya juga keren, bukan begitu,” jelas Tantin dan Anoy. Sepakat!

MOTOR BISA JADI TERAPI KESEHATAN LO… SIMAK PENUTURAN AHLI KESEHATAN

  1. Naik Motor Itu Lebih Melatih Otak Dan Kemampuan Motorik Dibanding Naik Mobil.
    Ketika menyetir mobil, kita cenderung berada diposisi yang selalu sama setiap saat. Sementara mengendarai motor itu lebih melatih fisik dan otak kaarena posisi badan akan berubah-ubah untuk menyeimbangkan roda dua. Tak heran jika mengendarai motor melatih konsentrasi lebih baik. Sebuah penelitian dilakukan University of Tokyo, berjudul “Hubungan antara mengendarai motor dan perkembangan otak manusia”. Studi yang melibatkan 50 orang ini, dibagi menjadi dua kelompok antara yang rutin mengendarai motor dan yang tidak. Masing-masing diuji fungsi otaknya dan fungsi kognitifnya.
    Setelah dua bulan riset tersebut dilakukan, ditemukan bahwa kelompok yang rutin menggunakan motor fungsi kognitifnya lebih baik. Selain itu ketika diuji dengan menghapal sejumlah angka, mereka yang menggunakan motor memiliki hasil 50 persen lebih tinggi.
  2. Touring Motor Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Kesehatan Jiwa.
    Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa melakukan perjalanan dengan motor jarak jauh dapat membuat seseorang lebih bahagia dan tingkat stresnya menurun. Hal ini terjadi karena adrenaline ketika melakukan touring cenderung meningkat yang mendorong dihasilkannya endorphin dalam tubuh. Seperti diketahui zat ini merupakan pemicu rasa senang. Selain itu terpaan sinar matahari ketika melakukan touring meningkatkan produksi vitamin D. Sementara vitamin tersebut dapat membuat mood seseorang jauh lebih baik.
  3. Ketika Touring, Sedikitnya 300 Kalori Terbakar Setiap Jamnya.
    Kalori yang dibakar ketika naik motor setara dengan melakukan jalan cepat, yaitu sekitar 200-300 kalori. Bahkan ketika berkendara dalam kecepatan menengah dan cepat seperti ketika touring keluar kota, kalori yang terbakar bisa mencapai 600 kalori.
    Selain kalori yang terbakar, tubuh juga akan “dipaksa” untuk melakukan latihan pembentuk otot. Karena badan harus tak henti menyeimbangkan motor dan mengendalikan kemudi yang berhubungan langsung dengan ban. Berbeda dengan menyetir mobil yang menggunakan kolom kemudi.
  4. Mengenal Tempat Baru Yang Seru, Agar Hidupmu Tak Bosan.
    Hidup tentunya tak akan seru kalau menemui hal yang itu-itu saja. Rasa bosan inilah yang bisa terhapus ketika kamu melakukan touring motor. Bayangkan kita sedang seru naik motor. Tiba-tiba di depan mata disajikan pemandangan macam ini. Dari ketinggian kita bisa melihat pantai dan lautan yang membentang. Ketika cuaca cerah, situasi macam ini sulit ditandingi di daerah lain.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: