Fri. Jul 19th, 2019

BIKE SHARING DI BANDUNG

350 Unit Sepeda Gratis di Bandung
by: Yankee
Semakin hari kemacetan di kota Bandung bikin orang jadi stress. Sudah seharusnya orang lebih jeli memanfaatkan waktu untuk aktifitas, baik itu sekedar jalan-jalan atau memang tuntutan pekerjaan.
Populasi penduduk Bandung di siang hari bisa mencapai lima juta orang, penyebabnya adalah penduduk dari luar Bandung aktifitasnya rutin di dalam kota Bandung ditambah lagi dengan para pelancong yang hampir tiap hari datang ke kota Bandung.
Gak mudah bagi pemerintah kota dan pihak dinas terkait membenahi segala persoalan kota terutama masalah tranportasi. Kota Bandung yang didisain untuk jumlah penduduk 400rb jiwa ternyata sudah gak sesuai lagi dengan keadaan sekarang.
Salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung, nah di tahun 2017 ini muncullah Bike Sharing di Bandung. Bike Sharing adalah Moda Transportasi Publik Untuk Jarak Dekat yang juga berfungsi sebagai pelengkap bagi sarana angkutan yang lebih massal seperti angkot, bus, LRT, dan cable car.
Bike Sharing menyempurnakan integrasi antar moda transportasi sehingga meningkatkan efisiensi mobilitas dalam kota melalui pengoptimalan transportasi intermodal.
Sekarang tuh orang ketergantungan sama kendaraan pribadi sangat tinggi jadi penyebab kemacetan, nah dengan Bike Sharing kemacetan bisa terurai… Semoga.
Mang Odink Dan Mang Ukay pengelola Bike Sharing
Gimana Caranya Bisa Pake Bike Sharing ?
Caranya gampang banget, Kunjungi kios registrasi, terus bikin deh kartu member syaratnya  pake E-KTP atau Paspor ( WNA ). Kartu member berupa smartcard yang sifatnya personal siap tuh buat lu pake.
Nah setelah smartcard bike sharing di pegang, datanglah ke station bike sharing terdekat. Gunakan smartcard pada konsol yang ada di station itu. Ikuti intruksi pada layar, lalu sepeda akan ter-unlock dari docking nya, ya udah deh sepeda bisa di pake ke stasiun bike sharing yang dekat dengan tempat tujuan.
30 stasiun disiapkan yang tersebar di pusat kota. Jarak antar station sekitar 300-600 meter. ya mirip estafet lah. Smartcard ini sifatnya personal gak bisa dipindah tangankan kerana data sesuai E-KTP. Yang lebih keren lagi smartcard ini kedepannya bisa digunakan untuk TMB ( Trans Metro Bandung ) dan Cable Car.
Dibawah ini daftar Station Bike Sharing di Kota Bandung.
1. Simpang Dago Bandung
2. Rektorat ITB Balubur
3. Gerbang Belakang ITB
4. Gerbang Barat ITB
5. Teuku Umar
6. Simpang Cikapayang
7. Mesjid Cipaganti
8. Simpang Cihampelas Setiabudi
9. Simpang Cihamples Pasteur
10. Pasar Kembang Wastu
11. Statiun Kereta Api Bandung
12. Museum Geologi
13. Wastukencana
14. Simpang Riau Seram
15. Taman Lansia
16. Taman Maluku
17. SMAN 20
18. Kantor Pos Riau
19. Cikapundung Timur
20. Mesjid Agung
21. Asia Afrika
22. Dalem Kaum
23. Alun alun
24. Taman Musik Centrum
25. Graha Manggala Siliwangi
26. Taman Lalu Lintas
27. Taman Gesit
28. Taman Vanda
29. Taman Pramuka
30. Taman Cibeunying
Kedepan station Bike Sharing akan bertambah sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: