Tue. Aug 20th, 2019

BALI BERDOA & SENI BUDAYA KEBANGSAAN TERUNTUK NKRI KAMI YANG TERCINTA… By Isfandiari MD

Gonjang ganjing suhu politik Indonesia membuahkan polarisasi. Mereka yang tak suka NKRI solid, terus menggencarkan berita hoax atau ujaran kebencian agar dua pihak yang beda pendapat saling bermusuhan. Parahnya lagi, hadir isu SARA  yang mengancan keutuhan negri kita. Untuk menjawabnya, para pemuda yang peduli, berikhtiar menggelar Doa Bersama dan gelaran budaya di Taman Garuda, Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur, Bali. Mereka menghadirkan tokoh lintas agama. Sebuah lelaku yang pantas dicontoh dan menginspirasi..

Persiapan terbilang cepat! Hanya sebelas hari saja. Namun gelaran 20 Mei 2019 ini tetap terselengara dengan baik. Pemuda Bali ini juga mengundang tokoh agama yang sangat concern persatuan dan kesatuan NKRI. Beliau adalah Dr.KH. Nuril Arifin Husen MBA yang akrab disapa Gus Nuril,  mewakili umat Islam. Beliau mengajak beberapa tokoh agama mulai dari Katolik, Kristen, Hindu juga Budha.

Acara ini intinya mengingatkan kembali akan kebhinekaan Indonesia baik dari agama juga budaya. Apalagi persis di bulan Ramadhan, keberkahan moment ini sungguh terasa. Dari awal acara, saudara umat muslim yang berpuasa, diajak buka bersama dengan saudara mereka yang berbeda keyakinan. Makin afdal, diundang jugaa adik-adik yatim piatu untuk buka puasa bersama. Setelah itu mereka melaksanakan shalat Mahgrib dan shalat tarawih bersama. Selepas itu, barulah acara kebersamaan dengan umat lain dilaksanakan.

Moment bernuansa kebudayaan memang sangat kental terasa. Gelaran tari dari Wayan Dance Production hadir mempersembahkan tari Legong dan Payembrama. Ika Wangi Dewata juga hadir dengan pesona tari gandrung dilanjutkan gelaran musik dari Heru Bento & Friends dengan lagu bernapaskan patriotisme-kebangsaan.

                Acara lantas ditutup dengan doa bersama antarumat beragama. Sebuah gelaran yang sangat inspiratif dan menyajikan kedamaian Indonesia yang setia pada Pancasila. Salut untuk ketua panitia R Pekik Heru Praptopo dan kawan-kawan. Kalian sangat inspiratif…

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: