Fri. Apr 19th, 2019

Bahayanya Spion Dilipat BISA MEMBUAT TEWAS By Isfandiari MD

Speedmania atau speedlover penunggang back-bone motor sport modern kadang lucu. Coba perhatikan di jalan, mereka pakai spion, tapi model lipat mirip kuping anjing Doberman. Nah masalanya, spion itu memang bias dilipat,tapi saat mereka riding, posisinya tetap aja dilipat. Jadi fungsinya buat apa bro? Gaya doangkah?  Padahal ada kasus terjadi, rider tewas di jalan tersambar truk karena spionya dilipat. Lha iyalah ia gak bisa melihat ke belakang, dan nggak tahu ada truk!

Ayo ngobrol sama  bro  Al Djuned kedapatan sedang melipat spionnya disaat riding, “Iya bro, terpaksa gue lipet soalnya spion ini sangat lebar buat gue. Sedikit sulit dikala kita nyelip dikemacetan, yang lain muat nyelip tapi karena spion ini rada lebar ya jadinya ketahan deh.”

Ini  jelas jadi masalah. Pasalnya fungsi spion ya apalagi kalau bukan melihat situasi dan kondisi di belakang kita saat riding. “Dengan kebiasaan melipat spion ini, menunjukan bahwa si pengendara tidak mengindahkan keselamatan dirinya dan juga pengendara lain,” jelas M. S Ibrahim yang selalu konsen dengan Road Safety Association (RSA) Indonesia untuk wilayah Kota Bandung Jawa Barat.

Pria yang aktif juga di Nouvo Lovers ini menambahkan, “Saat riding kita melipat spion, itu sangat membahayakan. Kenapa? Karena kita tidak bisa memantau situasi belakang apabila ada kendaraan datang dengan cepat atau pada saat kita ingin berbelok. Boleh dilipat, apabila sedang parkir. Karena parkiran biasanya dipaksakan, sehingga besar kemungkinan spion rada mengganggu dan juga mencegah biar tidak patah.”

Jadi ayo sadarlah, toh buat keselamatan kita dan pengguna jalan lain. Saat riding ya difungsikan bro. Bukan begitu? Salam banggga bermmotor!

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: