Thu. May 13th, 2021

Ayo Mengenal Sok Depan Springer DIPAKAI DI MOTOR LAWAS SAMPAI HD SOFTAIL MASA KINI BY Isfandiari MD

 

Prinsipnya hampir sama dengan girder. Kalau girder penghubung (linkages) dengan per ada di atas. Link itu terhubung langsung dengan per yang ada diantara triple three.  Nah kalau springer agak lain. Letak pernya sama dengan girder tapi link yang bergeraknya bukan diantara triple three (t atas-bawah). Link tadi jauh ada di bawah dekat sumbu roda depan. Link ini bergerak naik-turun terhubung langsung ke per di atasnya.

Dari sisi estetika, springer bisa dibilang lebih simpel dari girder. Zona bagian atas diantara T atas-bawah lebih clean. Tak heran banyak customized lebih memilih springer ketimbang girder.
Dibanding sok hidrolik biasa, springer atau juga girder tentu punya kelebihan tersendiri. Springer juga girder menonjolkan spring (per) dalam tampilam motor bagian depan. Secara kenyamana tentunya hidrolik lebih unggul karena dibantu cairan demi meredam getaran.

SEKILAS SEJARAH SPRINGER

Springer ini sangat popular di bebuka abad 20. Kontruksinya terus disempurnakan pabrikan motor saat itu.  Tahun 1913, pabrikan motor memperkenalkan kontruksi sok depan berjuluk girder. Dalam perkembangannya, girder mengalami banyak masalah dan terus disempurkanan.

Tahun 30-an, kontruksi baru nongol dan dinamai springer. Kontruksi ini jauh lebih baik ketimbang girder dan mengalami perkembangan pesat. Apalagi dipakai dalam perang dunia ke II oleh Amerika lewat Harley-Davidson ‘the forty five’ 45 cu alias HD 750 cc militer.

Diantara tahun 70-80-an, springer  makin sempurna dan jauh lebih unggul ketimbang springer tahun 30-an. Nggak heran, banyak pabrikan motor memakai springer untuk sok depan mereka. Tapi begitulah.., teknologi terus berkembang dengan hadirnya sok teleskopik! Apa boleh buat, Springer kurang diminati lagi  di awal 90 sampai sekarang. Tapi bukan berarti punah lo! Ada juga yang masih memakai kontruksi springer seperti yang dilakoni Harley-Davidson Springer tahun 2011.

IKLAN

Honda Dream surat lengkap posisi Ciputat, 36.5 juta nego, wa ridingread Isfandiari MD 087881452626
Sasis modif GL , pelek depan belakang, ban Batlaxx 17-450 Pelek 300 Baros tanpa mesin, dijual 1.5 jyta. Minat, wa ridingread.com 087881452626 isfandiari md

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: