November 29, 2021

AYO KE KAMAR 308 SAMUDRA BEACH HOTEL! Oleh: Isfandiari MD

 

Masuk lobi hotel Samudra Beach Hotel, suasana retro memang terasa. Hotel tua yang dibangun di Era presiden Soekarno ini tetap memesona. Di situ kami megutarakan maksud berkunjung ke kamar 308, tempat beristirahan penguasa pantai selatan, Nyai Roro Kidul. Ini  kami anggoat perjalanan penuh nuansa mistis dan budaya. Manajemen Samudra Beach menerap biaya administrasi Rp 15.000 untuk kunjungan kira-kira 25 menit.

Harga ini tak seberapa ketimbang sensasi yang dialami. Kamar dengan pencahayaan  on the spot, temaran dan bau dupa langsung terasakan. Foto Bung Karno dan Nyai Raru karya pelukis legendaris Basuki Abdulah terpampang.”Ini bukan lukisan asli tapi replikanya,” jelas Tantan, kuncen kamar ini. “Pernah ada orang yang nekad menyewa kamar ini, manajemen menginjinkan, Esoknya ombak besar menerjang hotel,” katanya lagi.

Esoknya kami berkunjung ke petilasan Nyai Roro Kidul yang konon tempat semedi presiden RI ke-1 Ir. Soekarno wilayah Karang Hawu. Lokasinya tak jauh dari Samudra Beach Hotel, kira-kira 2 kilometer. Di sana ada bukit karang kecil yang berisi beberapa makam handai taulan Nyi Roro Kidul, seperti Eyang Rembang, Eyang Lendra Kusumah, Eyang Jalak  Matamakuta, Ibu Nyai Mayang Sarinaga Sari dan tokoh alim ulama setempat, Syech Hasan Ali.”Disini jugalah petilasan Nyai Roro Kidul yang kamin percayai masih hidup sampai kini,” jelas R. Ujang. Tiket resmi per-orang hanya Rp 500, selebihnya sumbangan sukarela di kotak-kotak amal.

Paling eksotis, karang berbentuk singgasana raja yang langsung menghadap pantai selatan. Di lokasi ini kita juga bisa berkonsultasi tentang hidup, jodoh dan wejangan bijak dari kuncennya, bapak Raden Ujang.

IKLAN

Honda Dream surat lengkap posisi Ciputat, 36.5 juta nego, wa ridingread Isfandiari MD 087881452626

Bikers penggemar literasi, monggo nikmati dua buku ini. Tentang klub motor dan memoar tokoh. Wa ridingread.com /isfandiari 087881452626

 

 

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: