Fri. Apr 10th, 2020

ALBERT JOHN STEVENS (AJS) H3 1927-BENGKEL SYARIAH OLD RESTO MOTORCYCLE KUDUS LIARNYA KARYA SANG BUILDER… By Isfandiari MD

    ..Ini kerjaan liarnya builder edan, tim Syariah Old Resto Motorcycle Kudus. Mereka memang antimainstream , bukan cuma out of the box tapi far..far..away Out Of The Box. Banyak motor kategori riders item yang tidak lengkap, disulap menjadi ridiable. Tulisan di ridingread.com ikhwal motor Bhineka Tunggal Ika yang terdiri atas berbagai merek sudah membuktikannya. Kini karya lainnya muncul, AJS H3 tahun 1927….

Mumpung ngomongin AJS, baiknya kita sowan dulu sejarah pabrikan ini. Mereka adalah pem buat mobil dan motor dari Wolverhampton Inggris di bawah perusahaan bernama A.J.Steven & Co.Ltd start di 1909 dan gulung tikar di 1931. Prestasi perusahaan ini keren! Memecahkan 117 kali rekor kecepatan motor. Sayang mereka bangkut dan digunakan perusahaan lain yakni Matchless, Associated Motorcycle dan Norton-Villiers untuk 2 tak mereka, sampai 1969.

Nama AJS juga menarik, diambil dari dua orang kreatif, Albert John (Jack) dn Joe Steven Junior. Steven adalah insinyur mesin jempolan yang sudah bikin motor tahun 1897 pakai mesin Michell silinder tunggal, 4 langkah diimpor langsung dari Amerika.

AJS banyak mendominasi event balap bergengssi. Bayangkan..di ajang Isle Of Man (1914) mereka memenangkan juara 1-2-3 -4 dan 5 sekaligus. Applaus!!

Nah, kedigdayaan AJS inilah yang direspon bengkel Syariah, semacam penghormatan untuk kehebatan mereka di masa lalu.

Langkah customized-pun mereka lakoni. Secara konsep, mereka tetap patuh pada desain roundtank style ala motor-motor di bebuka abad 20.Selain mesin, semua kontruksi sasis, cangkrang, sepatbor dan part penunjang lewat lelaku handmade.”Hanya mesin saja yang pakai AJS H3 tahun 1927,” bangga  Zakki Iqbal yang akrab disama Jack Jawa sang builder. “Motor ini milik brother kami, kang Fajar Ardiansyah asal Bogor,” jelasnya lagi.

    Benar-benar pekerjaan total, sampai tangka dan teromol juga dibuat secara handmade di bengkel mereka. Sebuah lelaku custom yang ciamik. Mau tahu banyak tentang mereka? Silaka silaturahmi ala milenial di Ig mereka:@bengkelsyariahkudus

Address: Ruko Maya Prapatan besito no 2 RT 01 01 kacamatan Gebog Kudus- WA 085641134488

FOLOW IG:@ridingreads dan FB riding read

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: