Sat. May 15th, 2021

30 YEARS ANNIVERSARY OF BIKERS BROTHERHOOD 1% MC INDONESIA

 

PERJALANAN AWAL

Lahirnya sebuah klub motor yang sekarang menjadi Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia, diawali oleh bergabungnya anak anak muda kota bandung di akhir era 80an yang menyukai motor tua buatan Eropa dan Amerika untuk riding bareng, berdiskusi mengenai masalah diseputar motor tua, berbisnis, mendirikan bengkel dan jual beli motor tua, selain itu ada juga beberapa anggotanya yang berasal dari sekolah seni di kota Bandung cukup mewarnai awal perjalanan klub ini seperti proses pembuatan logo awal dari klub ini,  juga menjadi ketua pertama dari klub ini. Pada saat itu Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia masih merupakan anak bawang dibandingkan dengan klub motor yang sudah lama berdiri seperti MACI dan HCB.

PERKEMBANGAN KLUB

Tahun berganti, di era 90an, ketika mulai banyak darah-darah baru yang masuk kedalam Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia, nama klub ini mulai diperhitungkan, terbukti di ajang kompetisi baik event event otomotif maupun di media cetak otomotif nama Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia mulai terdengar.

Persaingan antar klub motor baik di kota Bandung pada era 90an mulai sangat terasa dikarenakan banyaknya klub klub motor baru yang merekrut banyak anggota dengan kesamaan bentuk kegiatan (turing, modifikasi motor dll) dan secara langsung maupun tidak langsung menjadi saingan dari popularitas nama Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia.

Ditengah sejarah diperjalanan klub ini sempat terpecah dikarenakan adanya beberapa ketidak sepahaman antar anggota yang menjadikan beberapa pendiri ditambah beberapa anggota nya keluar dan mendirikan klub klub motor baru.

PENCARIAN JATI DIRI

Kepengurusan terus bergulir, ketua klub silih berganti begitupun dengan jajaran pengurusnya, anggota klub semakin banyak dan mulailah beberapa pemikir dalam tubuh organisasi mencari bentuk lain dari eksistensi sebuah klub motor ditengan puluhan bahkan ratusan klub motor yang ada di Indonesia. One percent MC menjadi salah satu pilihan jenius untuk membedakan, menjadikan Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia stand out dibandingkan dengan klub lain yang ada lebih lama dari pada Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia.

Mengapa jenius? secara universal 1%MC , diluar negeri, apabila disematkan dalam vest/colors/identitas sebuah klub motor maka klub motor itu akan disebut outlaw/diluar koridor hukum (merunut dari kejadian di amerika Serikat pada saat itu menjadikan klub motor diluar AMA (American Motorcycle Asociation) adalah klub motor yang ilegal/outlaw meskipun hanya 1% dari 99% yang taat terhadap aturan AMA. 1%MC adalah gambaran dari sebuah klub motor yang urakan dan ga kenal aturan, tapi memiliki kejujuran dan aturan-aturan sendiri yang secara tegas akan dijalankan oleh setiap membernya.

Dengan mengidentifikasikan 1% MC dari Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia adalah 1% dari klub motor yang secara hardcore/tegas akan membangun dan mempertahankan kesatuan Negara Indonesia yang akan membedakan Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia dengan klub motor sosial yang hanya menjadi ajang kumpul kumpul dan menghabiskan waktu dengan hobby nya.

“We have our own way to show what we care”

Cara Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia untuk perduli kepada tanah airnya

Keseriusan akan semakin terbentuknya tujuan dari Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia adalah dengan adanya 5 azaz dari Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia yaitu Brotherhood, Loyal, Respect, Honour dan Pride yang merupakan nafas hidup dari klub ini yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia akan selalu menghormati segala keputusan anggota nya yang melalui Musyawarah anggota yang selaras dengan dasar demokrasi Negara Indonesia (Pancasila dan UUD 1945).

Arti 1% yang kami yakini adalah :

Bagi Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia,

1% merupakan perlambangan azas tunggal atas kemurnian visi dan misi menuju kemanunggalan persaudaraan.

1% adalah jatidiri yang seutuhnya sebagai manusiaunggul paripurna yang hidup diantara 99% keberagaman manusia.

Bentuk kesatuan gambar segi empat dengan tulisan 1% , menyiratkan hubungan Vertikal dan Horisontal ( Ketuhanan dan Kemanusiaan, Kebenaran dan Pengabdian, Bangsa dan Negara).

Sedangkan tumpuan satu titik pada salah satu sudut merupakan pola keseimbangan yang mencerminkan keteguhan pendirian.

 

100 TAHUN BHAKTI UNTUK NEGERI

Program yang dicanangkan dan menjadi salah satu tonggak kekuatan dari Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia yaitu PROGRAM BAKTI UNTUK NEGERI yang terdiri dari : Sosial (Brotherhood For Care), Kebudayaan (Brotherhood for Culture), Kepedulian lingkungan (Brotherhood for Nature), Pendidikan (Brotherhood For Education), Kepedulian Perkembangan Generasi Penerus Bangsa Indonesia ( Brotherhood For Children). tidak tanggung-tanggung program ini dicanangkan akan berlangsung 100 tahun, jadi seluruh program dari Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia akan mengacu kepada program ini.

Keberhasilan mulai tampak dari program ini dimana banyak klub atau pun komunitas yang tertarik berlandaskan kesamaan tujuan dari program yang dicanangkan oleh Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia. Terbentuklah Support 22 yang merupakan mitra setara dalam menjalankan program-program Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia. Selain itu Mitra – mitra Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia tidak hanya dari klub motor tetapi juga dari Instansi dan pemerintahan, Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia menjadi mitra KEMENHAN dalam Program Bela Negara yang pada saat itu merupakan klub pertama yang menjadi mitra program pemerintah tersebut.

Desa Binaan menjadi jejak langkah yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena bermitra dengan Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia sebuah desa di Sumedang yatu Desa Marga Laksana menjadi desa percontohan dikarenakan perkembangan nya yang cukup pesat adalah sebuah jejak nyata bhakti Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia kepada tanah air nya.

Besarnya potensi yang dimiliki, menuntut organisasi ini membuat legalitas baik dari nama, logo dan atribut yang dipakai, Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia (BBMC Indonesia) telah mendaftarkan merk dengan nomor D082012040502, D002017024548, J002017024546, J002017024549, D002017024892, D002017024896 pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Badan Hukum Perkumpulan Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia yang telah mendapatkan pengesahan dari Dirjen AHU dengan Nomor Surat Keputusan AHU-0005923.AH. 01.07.TAHUN 2018.

 

30 TAHUN BIKERS BROTHERHOOD 1%MC INDONESIA

Dalam perjalanan nya pada tanggal 13 Juni 2018 Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia telah berumur 30 tahun, dengan landasan kebebasan, persaudaraan, kebersamaan yang transparan tanpa harus melihat dari suku mana, keluarga, siapa atau status sosial, pendidikan dan sebagainya tidak disangsikan lagi Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia telah menjadi klub besar.

Bertepatan dengan usia ke 30 tahun ini, Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia telah dan akan akan melaksanakan  beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang Tahun ke 30 ini, dengan  mengusung :

Judul                     : Black Day

Thema                  : Paint It Black

Spirit                      : Semangat 1% Menuju 100 Tahun Bhakti Untuk Negeri

Rangkaian kegiatan diawali dengan perayaan Internal Ceremonial 30 Years Anniversasry of Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2018 (bertepatan dengan tanggal hari lahir), bertempat di Taham Hutan Raya Ir. H. Juanda ( Dago Pakar) . Dihadiri oleh seluruh Anggota yang berdomisili di Jawa Barat, dan dirayakan juga secara serentak di tiap Chapter dan Checkpoint seluruh Indonesia, dengan suasana yang khidmat untuk Bersyukur dan Berdo’a bersama.

Rangkaian selanjutnya, adalah kegiatan ‘Patriot Ride’ , pada tanggal 18 Agustus 2018, yang juga dilakukan serentak di setiap Chapter dan Checkpoint seluruh Indonesia, yaitu sebuah kegiatan Riding bersama dengan para Legiun Veteran Republik Indonesia dan Tabur Bunga di Taman makam Pahlawan. Sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Legiun Veteran Republik Indonesia.

Sebagai puncak dari rangkaian perayaan 30 tahun Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia, akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2018 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jl. Dipatiukur No.48 Bandung. Dengan mengundang Klub-klub otomotif dalam negeri maupun luar negeri, Ormas, OKP, Kepala Daerah, Dinas-dinas Pemerintahan, Aparatur Negara (TNI & POLRI),Swasta, dan Stake holder terkait.

Perayaan puncak tersebut, bukan hanya sebuah perayaan untuk para anggota semata, melainkan telah menjadi sebuah acara milik masyarakat Kota Bandung khususnya, umumnya untuk masyarakat Bangsa Indonesia.

Dalam acara tersebut, undangan dan masyarakat umum disuguhkan sebuah kegiatan/event yang berskala besar/Nasional, akan ada berupa exhibition/pameran merchandise dan bikers apparel,bazaar kuliner, games, lelang beberapa produk karya dari anggota BB1%MC Indonesia ,dan akan ada juga penampilan band serta kesenian yang mengangkat budaya lokal.

 

The BLACK DAY – Paint It Black

Sebuah renungan dan rasa syukur atas perjalanan panjang Bikers Brotherhood 1% MC indonesia.

Perjalanan 30 tahun Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia, telah membuat sebuah catatan  sejarah yang sangat panjang dan mendalam di Tanah Air Indonesia tercinta .

Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia,kini  saatnya untuk  kilas balik memahami arti Persaudaraan yang kita yakini dan jalankan selama ini.

Bikers Brotherhood 1% MC  di mata pemerintah, masyarakat, serta pihak lainnya ,dianggap sebagai hobi murni yang natural dan tidak berpihak kepada “Partai ataupun Ormas Politik” manapun.

Dibalik semua itu,  Bikers Brotherhood 1%MC justru mengajarkan tentang arti persaudaraan, kehormatan, dan sebagainya yang bergerak secara perlahan menuju nasional.  Itulah salah satu kebanggaan dan keberhargaan Bikers Brotherhood 1% MC di masyarakat Indonesia.

Cita-cita kita kecil tetapi mempunyai nilai yang sangat berharga, baik bagi setiap individu Bikers Brotherhood 1%MC maupun bagi Indonesia. Bikers Brotherhood 1%MC akan menjadi pusat kontrol bagi generasi muda berikutnya.

Bahwa semangat persaudaraan menuju persatuan dan kesatuan yang selaras dengan nilai budaya kehidupan setiap bangsa dan negara merupakan kenyataan utama yang harus tercipta disetiap negeri.

Segala bentuk pertumbuhan dan perkembangan pola kehidupan yang menjurus kepada perpecahan serta kerusakan budaya adi-luhung harus disikapi secara arif dan bijaksana disetiap negara. Oleh sebab itu, Bikers Brotherhood MC menjadikan dirinya sebagai medan simulasi persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa-bernegara hingga mampu melahirkan sosok manusia unggul paripurna.

Maka, pemahaman tentang makna “persaudaraan seluruh negeri” telah menjadi visi yang harus dijunjung tinggi oleh setiap anggota keluarga besar Bikers Brotherhood 1%MC. Sedangkan mediator atas konsep kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan yang diwadahi oleh kegemaran terhadap keunikan kendaraan roda dua merupakan misi yang diagendakan secara berkala dan rutin yang harus dijalankan oleh Bikers Brotherhood 1%MC untuk mencapai visi.

Maka dari itu, arah dan tujuan Bikers Brotherhood 1%MC adalah membentuk “manusia seutuhnya yang berjiwa luhur dan tangguh hingga mencapai kualitas manusia yang bijak berazaskan nilai nilai persaudaraan”.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati perjuangan Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia menegakkan persaudaraan di Indonesia.

 

Eratkanlah Persaudaraan Kami…

Kuatkanlah Persaudaraan Kami..

Abadikanlah Persaudaraan Kami..

Brotherhood!

 

 

THE BLACK DAY – Paint It Black

30 YEARS OF BIKERS BROTHERHOOD 1%MC INDONESIA

1 thought on “30 YEARS ANNIVERSARY OF BIKERS BROTHERHOOD 1% MC INDONESIA

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: