Wed. Jan 16th, 2019

THE LEGEND…DODI IRHAS, DODI CHROME CYCLES PENCAPAIAN MASTER-BUILDER YANG INSPIRATIF BY Isfandiari MD -Foto:Isfandiari MD

Hang out, ngeteh bareng dengan Bang Dodi Irhas pastinya dapat banyak ilmu. Bengkelnya, Dodi Chrome Cyles (DCC) sudah masuk jajaran master builder yang membanggakan Indonesia. Garapannya sudah mendunia, dilirik penikmat custom Asia sampai Eropa. Karyanya bikin kita geleng-geleng kepala, kok bisa ya..seperfect itu? Bener lo!

Sang master builder, Bang Dodi Irhas (Dodi Chrome Cyles)
Motor-motor x-tra ordinary sangat khas DCC



Beruntung..dulu sekali ridingred.com pernah ikutan jadi fans DCC mengikutinya ikut ajang American Motor Dealer (AMD) bersama para seleb builder Indonesia lain seperti Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles), Bang Bimo dari  Bimo Custom dan Veroland (Kick Ass Choppers). Dan sampai kini, DCC tetapkan menjadi the best dan malah menurunkan ilmunya pada sang putra, Andika Pratama (Krom Works) yang juga mulai menancapkan pengaruhnya diantara jagad builder nasional juga  international. He..he..soal Andika, nanti ya kita bahas detail. Sayang nih, mumpung ketemu bokapnya, he.. he.. he..

Detail dalam finishing

“Kreativitas anak-anak muda sungguh luar biasa! Bukan karena dia anak saya lo..tapi gebrakan Andika (Krom Works) juga dahyat! Saya bangga dia jadi salah satu rookie- builder muda era milenial bersama builder-builder muda lainnya.” Bangga Dodi.”Ridingread.com harus menunggu..rencananya dia akan berkolaborasi dengan builder muda lainnya seperti Yusuf ‘UCUP’ Abdul Jamil, builder Lawless Garage Jakarta menorehkan karya,” bisik bang Dodi yang selalu  bicara terus terang jika berdiskusi ini.

Dipersiapkan untuk ajang kontes dunia

Sok gaya girder, sasis chrome, tampilan vintage jadi trademark DCC dan banyak diikuti generasi buider sekarang

Topik paling menarik ya ikhwal perkembangan modifikasi nasional. “Saya gregetan sekali ingin mengembalikan suasana modifikasi seperti sejatinya! Jangan melulu bertujuan bisnis dan industri saja, tapi lebih pada idealisme dalam berkarya, detailitas sempurna, originalitas konsep, finishing yang baik dan punya ciri khas masing-masing. Bukan hanya mengedepankan chopper…bobber..tapi benar-benar punya identitas sebagai karya modifikasinya builder Indonesia,” semangatnya.

                Buat bang Dodi modifikasi melahirkan karya harus jujur dan berproses. “Sekarang ini banyak sekali..maaf…builder dadakan. Baru bisa  ngelas dikit-dikit sudah menganggap dirinya sebagai builder. Tak semudah itu bro! Kita harus berproses, belajar terus.”

Karya Andika Pratama (Krom Works), putra Bang Dodi

Tangki menggantung di double back-bone. Estetika progresif
DCC main aman…Krom Work sangat eksperimental

Karya modifikasi  bang Dodi memang sangat inspiratif dan baik untuk pelajaran builder muda. Ridingread.com misalnya menemukan salah satu motor di sudut bengkel yang belum jadi. Ia adalah  Honda CB berdesain hardtail choppers. “Coba simak motor ini..tak perlu motor mahal untuk kejadi keren khan? Ini motor CB, style rigid pakai roda 21” depan-belakang. Dengan lingkar roda sebesar itu, mesin tetap nggak ‘kemakan’ dan tetap menonjol khan? Disini kita perlu jeli mendesain bentukan sasisnya! Sasis motor yang saya rancang ini sangat fleksibel dan simpel sekali. Coba simak..untuk jadi traditional bisa…jadi bobber bisa, bahkan jadi boardtrack juga bisa. Tinggal sedikit penyesuaian di setang atau desain tangki,” jelasnya. Wah..dapat ilmu banyak ini.

Dia lanjut ke motor lainnya, Yamaha XS 650 milik bang Andril Jenggot. Walau belum jadi, bentuknya sudah kelihatan, sebagai motor daily riding yang easy handling, nyaman dipakai jarak dekat hang out kafe to kafe ataupun turing. “Nanti dipasang juga dudukan saddle bag untuk keperluan turing..tunggu pas jadinya ya!” goda bang Dodi. ‘Journey’ di bengkelnya berlanjut ke motor ‘idealis’ untuk keperluan kontes tingkat dunia berbahan Harley-Davidson Sportster. Walau belum jadi, bentuknya sangat kreatif, tidak biasa sangat x-tra ordinary. Busyet sudah kebayang deh pas jadinya nanti! Pasti bikin juri kontes terkagung-kagum. Wait and see…

KEDER DULUAN…

                Itulah yang sering dialami calon  klien Dodi Chrome. “Saya pernah mengerjakan motor seharga 1 miliar miliknya H. Dadang Hermawan,” bukanya. Ya..ya..memang motor yang fenomenal dan  sangat mengejutkan: sebuat HD Pro Street yang menawan dan sangat perfect dengan part mahal dan ilmu ketok pelat , chrome dan painting tingkat master.

                Tapi ada info yang tak kalah pentingnya! DCC tidak selamanya melulu melayani proyek modifikasi mahal. “Banyak salah perkiraan kalau DCC itu bengkel mahal. Mereka suka keder duluan ditangani Dodi Chrome, he ..he… padahal nggak gitu,” jelasnya. Supaya clear bang Dodi langsung memberi gambaran. “Dengan uang sekitar 40 juta, klien hanya bawa mesin doang, bisa kok jadi modifikasi yang keren khas DCC. Harga segitu bersaing khan dengan builder-builder lain. Jaminannya hasil yang bisa diipertanggungjawabkan, finishing yang perfek dan layak sebagai estetika modifikasi,” tutup sang master builder.

DODI CHROME CYCLES

Jl. Duta Permai 8 blok CO no. 16
Pondok Hijau – Ciputat, Tangerang Selatan
083899990459-IG DODICHROMECYCLES

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: