Wed. Jan 16th, 2019

Honda DARI DUSUN KECIL DEKAT HAMAMATSU By Isfandiari MD

Agak mustahil kalau orang nggak kenal Honda. Soalnya tuh lima huruf sudah akrab ditelinga orang, apalagi bikers. Siap sangka kalau kesuksesan pabrik motor ini bermula dari sebuah dusun dekat Hamamatsu, Jepang. Di situ lahir Soichiro Honda, putra seorang pandai besi miskin.

Beranjak dewasa, dia pergi ke Tokyo dan bekerja di bengkel reparasi mobil. Lewat kejeniusannya, dia mampu mendirikan institut penelitian teknik atas namanya sendiri. Dari  keuntungan yang didapat, Soichiro membeli 500 mesin bekas perang yang nantinya dirakitnya jadi sebuah motor sederhana.

            Rentang tahun  1948-51 Institut Teknik Honda membangun Honda Motor Co.Ltd dan membuat Honda yang pertama berjuluk Dream (impian). Ini motor sukses besar di pasaran hingga nongol varian-varian lain semisal Dream tipe E 146 cc.

Honda Dream Tipe E 149
Soijro Honda ..sang Legend

Antara 1952-58 ia bernafsu membuat Honda tipe F berbasis sepeda kumbang. Kapasitas mesin cuma 50 cc dan punya tenaga 0,5 dk. Cuma lima tahun setelah berdiri, mereka sudah mampu mengekpor produknya ke luar negeri selain keperluan domestik.

Tak lama berselang, motor-motor model Benly J (A,B,C) dan Dream (6E SB,SA) sudah membanjiri pasar domestik Jepang.

Honda Benly J

Untuk menjaga kualitas, mereka juga membentuk Devisi Penelitian dan Pengembangan tahun 1957 berpusat di daerah Shirako (sekarang Saitama). Lembaga ini giat manjalankan riset agar mesin Honda semakin oakley!

Sejarah si sayap tunggal






Goes to America…

            Sejarah mencatat kalau varian Benly jadi yang terpenting dalam sepak terjang mereka. Buktinya, mereka ikutan balap motor di Ingris, Tourist Trophy (TT) atau Isle Of Man. Disana dikebut tipe RC 142 yang berbasis Benly. Di balapan TT itu,  mereka mampu mengondol hadiah beregu tahun 1959, sebagai bebuka keperkasaan Honda di kancah balap.

Honda Dream 6E

Rentang 1959-60  dibukakan ‘pintu’ dunia lewat lahirnya anak perusahaan Honda di Amerika (American Honda Motor Co.inc, 1959). Debut ini sukses besar hingga mereka kudu membuat pabrik superbesar di Suzuka Jepang guna memenuhi kebutuhan pasar sekaligus membangun sirkuit balap Suzuka barengan pemerintah Jepang (1962).

            Dan..kisah Hondapun berlanjut sampai kini.

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

%d bloggers like this: