Riding Impression Cleveland Ace Scramblers Jakarta-Lasem RIDE TO RESPECT THE HERITAGE By isfandiari MD Foto By Anto Toke-Isfandiari MD

0
89

panel klasik

Dalam ajang Suryanation tahun lalu, ridingread.com dipersilakan menjajal Cleveland  Jakarta-Jogjakarta. Waktu itu, dua Cleveland (Ace Scramblers dan Heist Chopper) dibejek ke Suryanation Jogjakarta oleh  dua rider cowok peturing kategori die harder. Artikelnya bisa digali di web kami.

Nah pada 25 November baru lalu, Cleveland kembali jadi tunggangan andalan dalam Touring Heritage 2018, Jakarta-Lasem. Kerennya, ridernya seorang cewek bernama Ocha, senior klub MMC Outsiders Indonesia.

Ini terbilang turing kategori jauh. Pasalnya, Ocha dan rombongan start dari Mabes Polri-Jakarta menuju Timur, melewati Karawang-Bandung-Sumedang-Kuningan-Pekalongan-Kudus dan tembus Lasem berjarak lebih kurang 500 km satu jalan.Berarti total sekitar 1000 km menuju pulang. “Cuaca jadi tantangan  berat, sulit diprediksi kadang panas-hujan, mendung sampai adem,” buka Ocha.

Ocha sang rider Cleveland Jakarta-Lasem
Ban tahhu khasnya scrambler, awas licin saat fast corner
Desain ringkas-padat retro classic

Ace Scrambler yang dipakainya punya ergonomi yang cocok untuk cewek spek 165-cm an dengan berat ideal. Jangkauan lengan ke setang, posisi duduk dan pijakan kaki dirasa baik.”Wajar jika sedikit pegal jika sudah riding lebih dari 2 jam. Tapi overall cukup bersahabat,” nilai Ocha atas motor berbobot 126 kg ini.

 

Berbagai medan riding dialami rider cewek ini. Untuk Jakarta-Karawang, jalanan monoton lurus dengan lalu lintas padat. Ini mirip rasa riding di perkotaan dengan jarak jauh. Bagi Ocha ini cukup menyiksa, apalagi sempat dihadiahi hujan lebat sebelum masuk kota Karawang. “Suspensi mungkin perlu dibuat lebih empuk lagi, khususnya untuk perjalanan sejauh ini. Apalagi jalur Kawarang-Bandung. Apa boleh buat…banyak jalan keriting karena sering dilewati truk-bus tonase berlebihan. Saat melindas jalan  bumpy, pinggang cukup tersiksa,” jujurnya.

Keliling Lasem nikmati warisan budaya adiluhung

Rute Sumedang-Kuningan ia rasakan sebagai sensasi turing menikmati lansekap tatar priangan. Banyak jalanan kategori fast corners dan kondisi aspal mulus.”Manuver Cleveland lumayan lincah. Tapi hati-hati dan tetap aware ! Cleveland ini jangan diajak  terlalu rebah. Ingat! Ini Scramblers alias trail terutama kembangan bannya. Menggerus aspal basah atau semi basah, terasa licin. Rekomendasinya kembangan ban wajib diganti untuk tur jauh seperti yang aku alami sekarang,” jelas Ocha lagi.

Catatan penting soal akselerasi. Bagi Ocha, mesin 229.5 cc terbilang pas untuk durabilitas jalan jauh.”Tenaga tetap ngisi dalam 5 percepatan dengan rasio gigi 3-4 yang cukup panjang. Jalur Pantura yang lurus, saya bejek maksimal, lumayan lari dan baru agak getar saat di atas  110 km/jam,” jelasnya ikhwal motor ber-karbu PZ30 ini.

Tiba di Pekalongan, disambut brothers sesama berbagi aspal
Etika bikers santri di Pekalongan. Sist Ocha dan salah satu life member klub di sana

Bagi Ocha, pilihan mesin satu silinder overhead Valve (OHV)-nya Scrambler pasti memiliki alas an.”Pastinya untuk kemudahan perawatan dan reliabilitas pengunaan. OHV memang agak kasar tapi torsinya ok di putaran bawah hingga cocok saat atasi lalu lintas padat terutama di zona Pantura khususnya Kudus-Lasem yang padatnya menguji kesabaran. Tapi memang pas kok! Untuk cewek, desainnya ringkas dan beraura retro classic. Tenaga juga cukupan  yakni di 14 dk (daya kuda) atau HP. Worthed untuk motor seharga 54.5 jutaan off the road,” jelasnya.

Tapi yang pasti, Ocha mengaku menikmati turing jauh naik Cleveland ini.”Sesuai temanya, touring heritage, saya dan rombongan diberi sesuatu yang berharga, betapa berharganya warisan budaya, kearifan lokal sampai rasa toleransi sepanjang perjalanan. Di Lasem, kami diterima dengan hangat Mbah Bedug-Istri dan para santri Pesantren Kauman. Mereka sangat terbuka pada bikers dan membuat kami nyaman dan betah  berlama-lama di sana,” kesan Ocha.

Thank’s Cleveland Motorwerk atas pinjaman Ace Scramblernya!

Start di mabes Polri Jakarta

 

 

SHARE

Leave a Reply