FOR BIKERS BROTHERHOOD M.C : TAK TERASA … UDAH HAMPIR 30 TAHUN YEUH! By Isfandiari MD

0
282

Ulang tahun pertama BBMC…

                Naskah aslinya..TAK TERASA UDAH HAMPIR 20 TAHUN YEUH.. dibuat di Juli 2008. Ini artikel kenangan 10 tahun yang lalu. Tak terasan, Bikers Brotherhood MC tak lama lagi merayakan ulang tahun mereka ke 30. Kisah-kisah mereka tentu menarik disimak. Sangat inspiratif…

Waktu saudaraku  di BB (Tegep Almarhum) meminta saya menulis tentang klub ini, saya agak tersentak. Gila, sudah 20 tahun pertemanan kita ! Tahun 1988, kami sama-sama main di jalan. Walau beda klub tapi teman sepermainan. Tumbuh bareng, bageur dan brengsek juga babarengan, he … he … Makanya waktu diminta nulis, rada bingung oge. Coba … mau memulai timana? Maklum lah! Secara kronologis, rentang waktu 20 tahun bukannya sebentar. Dari sisi dinamika dan romantisme, complicated banget! BB juga penuh warna, dinamis, khususnya saat early times. Belum lagi filosofi Not Dangerous Unless Provokednya, wah Bandung pisan … Tapi saya berusaha memulai. Bae lah nyampur-nyampur, melompat-lompat antara kronologis, lifestyle, imej yang dibangun, sebagai wartawan dan terutama sebagai babaturan deukeut (teman dekat). Teman waktu ABG sampai setelah karolot kieu,. Ha ..ha.. ha…. Pahit manis juga hambar di jalan sudah terasa semua.

 

Di awal 90-an, kami pernah dirazia bareng di depan jalan merdeka. Kalau nggak salah, yang tertangkap Papeuh (alm.), Joe P-Project, saya dan teman-teman lain. Detail masalah sih udah lupa, tapi ada peristiwa lucu saat itu. Waktu pak polisi tanya kronologis kejadian, Papeuh malah nerangin ‘kronologis’ kalahiran Bikers Brotherhood Bandung.”Kieu pak … kita ini pecinta motor antik!” Polisinya nggak sabar:”Iya saya tahu, pertanyaan saya adalah KRONOLOGIS kejadian!” Tapi Papeuh terus dengan jawaban yang sama. Waktu itu, polisinya kesal, sampai ngegebrak meja segala! … Belum lagi kisah nge-chop alias potong memotong sasis jadi rigid. Waktu itu tak pernah kepikiran motor Inggris dipotong-potong atau bikin frame baru ala chopper. Tapi BB berani melakukannya.Sip lah!

 

Kemudian berita di jalan kami dengar ada klub baru. Sejarahnya masih absurd. Teman-teman saya yang kuliah di seni rupa ITB bilang klub ini lahir karena suka kemping (the campers?) salah satunya Goy Gautama, yang kebetulan temannya kakak pacar saya. Waktu apel sesekali ketemu Goy dan cerita soal klub ini. Di saat yang sama, tongkrongan saya di Lingkar Selatan membentuk Merzy Motorcycle Club alias MMC yang kemudian berubah jadi Outsiders Bandung. Saat nongkrong obrolan nyerempet ke gosip lahirnya komunitas di luar HCB dan MACI Bandung. Saya dengar namanya De Motors dan belum punya colors alias lambang pasti. Syukurlah, komunitas ini berkembang pesat dan sedikit terorganisir lewat paketu Benny Gumilar akrab dipanggil kang Bebeng.

Pas Summer Camp HDCI di Linggajati, komunitas ini sudah punya nama sakral, Bikers Brotherhood. Kami langsung salut .., nama yang bagus, universal, kaya filosofi dan merangkul banyak varian dan genre modif. Hampir di saat yang sama, nongol film bikers berjuluk Stone Cold. Kebetulan gengnya juga bernama Brotherhood! Waktu ngobrol-ngobrol sama mereka, gambar tengkorak ber-flyers cap & goggles punya arti dalam, brother till’ the bone. Palu & kunci inggris (monkey wrench) bukanlah asal gambar! Mereka adalah tools kit standard ber-shape unik dan mewakili semangat kerja keras … Nice symbol dudes!

 

Hubungan paling intens di early times tadi ada saat pesta bikers di Kelpie, Gasibu. Malah dulu pernah ada lomba drag liar antara Outsiders sama Bikers Brotherhood di ajang ini. Foto-fotonya ada di salah satu teman saya dan jadi salah satu kenangan manis kita semua. Mun teu salah, bintang dari BB, Si Best sedang dari Outsiders, kami lupa lagi. Ha.. ha.., maklum geus kolot

 

Di sisi wartawan, BB selalu bikin kejutan. Di dunia modif, trend speedway yang diusung Gani misalnya, jadi trend di kalangan pecinta customized. Virus scrambler, cafe racer juga chopper ol skool sampai Pro Street modern juga jadi andalan klub ini. Gaya hidup bikers ‘baong’ yang intelek plus fashionable juga jadi ciri khas BB. Terlepas dari imej brutal, dekat jeung cai naraka, barudak brother (istilah beken pertengahan 90-an, sekarang dikenal barudak BB) adalah tipikal bandungers banget !

 

Di sisi wartawan, ‘skenario’ dan strategi bisnis BB juga jadi bahan tulisan yang asyik disimak. Manuver Tegep Boots dengan Comrades-nya, membuka mata pecinta variasi dan fesyen bikers akan mutu lokal. Pasar yang agak ekslusif membawa imej yang baik. Belum lagi gebrakan para seniman di BB macam Goy, Best, Ekek dan banyak lagi, membuat kharisma klub ini makin kuat.

Sekadar catatan kenangan menjelang ulang tahun mereka ke-30 tahun. Bravo BBMC!

SHARE

Leave a Reply