Kesehatan Bikers Puasa dan Mudik TETAP BUGAR DAN KHUSYUK BERIBADAH By Isfandiari MD

Pesantren Kauman Lasem bercorak Cina, diasuh KH Muhammad Zaim Ahmad

Ramadhan adalah bulan mulia. Bikers dipastikan senang menyambut bulan mulia ini. Silaturahmi semakin padat, ramai-ramai puasa dan hang out bareng menjalankan tarawih di mesjid-mesjid. Menjelang akhir puasa, kita semua siapkan motor untuk mudik ke kampung halaman. Untuk semua itu kita butuh tubuh fit agar enjoy mengalami itu semua dan lebih khusyuk beribadah. Apa saja yang wajib disiapken?

 

KESEIMBANGAN CAIRAN, JANGAN DISEPELEKAN!

 

“Sesui anjuran Nabi Muhammad SAW agar memperbanyak minumair putih. Ini berkenaan dengan keseimbangan cairan tubuh,” buka DR. Aviandy Sukarto Msc. SpKP , pakar kedokteran komunitas praktek di Jakarta.

Biasakanlah minum 4 liter (4-5 gelas) sehari agar kekentalan darah ideal hingga  terhindar  dari dehidrasi.  “Jangan lupa asupan gula-garam dalam cairan tiap hari, dengan cara praktis 1 sendok the gula dan 1 sendok the garam per-hari. Kandungannya mengandung NaCL dan Kalsium yang penting untuk otot dan keseimbangan tubuh,” jelas dokter yang akrab disapa kang Dondy ini. Kandungan ini juga ada dalam minuman berenergi dengan takaran yang tepat.

Misalnya ikhtiar keseimbangan cairan lewat minuman berenergi.  Soal ini, produsen Krating Daeng memberi jawaban. “Ini tergantung metabolism pribadi masing-masing, intensitas, aktivitas formulanya bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam 8 jam. Karena itu tidak  diajurkan untuk dikonsumsi lebih dari 3 botol,” jelas mereka )SIAPA NARA SUMBER DARI KRATING DAENGNYA? BISA DISEBUTKAN?). Minuman ini menurut mereka cocok diminum saat stamina mulai menurun seperti sebelum beraktivitas olah raga ataupu  berkendara jarak jauh. “Untuk hasil yang maksimal baik diminum 30 menit sebelum beraktifitas,” jelas mereka.

 

Untuk brothers yang berpuasa atau bersiap-siap tur jauh sebelum mudik, tentunya sangat diperlukan. Saat sahur atau sebelum turing jauh sangat dianjurkan. Menurut mereka juga mengkonsumsi minuman ini bisa kapan saja bisa malam hari ataupun setelah berbuka puasa agar stamina tetap fit.

IKLAN

Bikers penggemar literasi, monggo nikmati dua buku ini. Tentang klub motor dan memoar tokoh. Wa ridingread.com /isfandiari 087881452626

 

 

 

 

 

 

AWAS DEHIDRASI

 

Ini terkait ikhwal tersedianya cairan tubuh ideal. Pastikan memenuhi pasokan cairan itu saat sahur, berbuka dan waktu diantaranya. Soal ini disorot Dr, H.M Zamrud, Klinik Citra, Cilandak, dr. Acep Suparta, Cito Hospital Karawang, H. Dadang Hermawan, CEO Cito Hospital  Karawang.”Dehidrasi adalah ancaman utama bikers! Dalam  kondisi ekstrem bisa menyebabkan black out. Saat riding, jika kurang cairan dan situasi panas, keringat langung menguap yang disebut efek evaporasi. Bikers tak sadar  kalau banyak cairan hilang,” jelas mereka.”Kondisi cairan itu tak cuma menyerang kesadaran tapi juga bisa merusak organ vital manusia semisal jantung, hati dan lainnya,” jelas Dadang.

Secara medis, Acep dan Zamrud menguraikan lebih detail. “Tubuh ini sangat membutuhkan cairan berupa gula, garam dan elektrolit. Jika ketiganya terganggu, kordinasi tubuh akan kacau,” jelas Zamrud.  “Dehidrasi juga punya tingkatan, rendah, sedang dan berat. Acep mengingatkan kalau saat dehidrasi nggak cuma cairan yang hilang tapi juga ion-ion tubuh sebagai penghantar listrik.Jika ada kekurangan, pasti ada gangguan seperti spasme alias kejang,” tambah Acep.

Pakar medis mengingatkan! Jika kita kekurangan makanan, mekanisme tubuh akan menyediakan energi cadangan dari lemak sedang dehidrasi tak ada cadangannya, jadi sangat berbahaya.

 

 

WASPADAI KONDISI DIRI  SAAT NGABUBURIT ATAU MUDIK

 

Saat kondisi biasa, beberapa orang sering bengong sesaat, mata suka ngedip tak terkontrol atau jatuh tiba-tiba karena alasan capek.  “Ini bisa jadi gejala epilepsi kecil,” jelas Dondy. Ini bahaya! Jika epilesi besar, bisanya pasien sudah tahu jauh hari dan tak berani mudik naik motor. Sedang epilesi kecil jarang yang menyadari. Bayangkan jika kejadian ini menyerang saat duduk di atas motor. Fatal Bro!

Hipertensi juga layak diwaspadai. Jika sobat mengidap penyakit ini, obat-obatan penurun darah tinggi bisa mencegah, serangan  hipertensi. “Mudikers jangan melupakan tersedianya cairan tubuh.” Pada dasarnya, jika seseorang kekurangan cairan, darahnya akan mengental. Inilah potensi besar terpicunya serangan darah tinggi. Jika terserang, ia akan black out, kesadaran hilang dan dipastikan terjatuh dari motor. Sama bahayanya jika terjadi pada boncengers.

     Penyakit Vertigo alias  pusing sebelah dan rasa sakit pada kepala jangan dianggap remeh. Serangan ini akibat gangguan sirkulasi pembuluh darah ke otak dan kurangnya sirkulasi udara. Dalam kondisi mudik, serangan ini sangat besar. Pastikan helm nyaman di kepala, jangan sampai menjepit hingga terasa sakit. Lama kelamaan, pembuluh darah akan terserang dan vertigo menyerang.

Bikers harus cepat mengantisipasi ini dengan bertirahat dan mengembalikan kebugaran tubuh. Paling ideal berhenti di tempat yang aman dan sejuk, lepas helm dan jaket yang penat agar peredaran darah dan pasokan udara kembali normal.

Punya riwayat penyakit gula alias diabetes membuat riders lebih waspada. Penderita  diabetes memerlukan  1500-2500 kalori dari karbohidrat dalam kondisi normal. Sedang saat mudik, kebutuhan kalori dari karbohidrat antara  2500 sampai 3000. Untuk itu, penderita harus benar-benar waspada agar kadar gula tidak turun saat mudik. “Dianjurkan makanan berkarbohidrat tinggi seperti jagung, kentang atau mie.  Kalau bisa jangan nasi. Ia memang mengandung  karbohidrat, tapi pembakarannya cepat habis,” kata Dondy.

Tuh…kita harus waspada!

 

Leave a Reply