JAWA Ja (nacek) dan Wa (nderer)

0
29

JAWA

 

Banyak kejadian lucu penyemplak Jawa di tanah air. Gosipnya, motor ini dibuat oleh orang Jawa. He..he… Yuk kita lurusin. Tahun 1929 perusahaan Ceko berngaran The Czech Janacek Armament Factory bergabung dengan The German Wanderer Motorcycle. Nah, supaya singkat, nama keduanya digabung jadi Ja (nacek) dan Wa (nderer), jadilah Jawa.

Varian paling legendaris, Jawa CZ  344 cc 1949. Modelnya konservatif, dengan dua silinder yang dipasok satu karburator. Motor berberat 157 kg ini memiliki kecepatan maksimum 135 km/jam dengan tenaga 38 dk di kitiran maksimum 5.250 rpm. Sayang, buatan Eropa Timur ini kurang populer bersaing dengan produk legendaris lain semisal Norton atau BMW. Apa boleh buat, ia mengalami kegagalan di pasaran.

Di sisi lain, merek ini masuk hitungan di dunia balap. Varian legendarisnya, Jawa 500 cc ’31  yang didesain George Patchett. Kesuksesan mereka berlanjut saat keluar silinder tunggal dua katup 250 cc 1945 dan  350 cc dua silinder. Malahan masuk tahun 50-an mereka menghadirkan kelas berat 500 cc dua silinder dengan empat katup. “Hal ini untuk mengulang sukses pembuatan Jawa model balap tahun 1931,” komentar Hugo Wilson, pengarang buku Encyclopedia of Motorcycle.

Sayang, pabrikasi ini bangkrut tahun 1974.

 

By Isfandiari MD

Foto : http://cybermotorcycle.com/

Leave a Reply