DUA TITIK YANG RENTAN MENYERANG BIKERS

0
74

Carpal Tunnel Syndrome dan Entrapment Neuritis

 

DUA TITIK YANG RENTAN MENYERANG BIKERS

 

Moga nggak terserang tapi jika brothers mengalami sakit kepala sebelah, otot leher kaku, tangan kesemutan atau  perasaan membengkak diharap waspada. ”Kemungkinan dua zona seputaran tangan dari bahu sampai telapak tangan terserang. Pertama disebut Entrapment Neuritis, syaraf terjepit ruang clavicula antara leher dan bahu. Gejala yang sering terasa adalah pusing kepala sebelah, sakit bahu sampai vertigo. Satu lagi di zona pergelangan tangan yang disebut carpal tunnel syndrome akibat terjepitnya nervus mesianus yang mengantarkan impuls sensorik dari kulit telapak tangan serta kulit bagian volar yang menutupi jari telunjuk dan jari manis. Gejalanya seperti mati rasa,jari begkak-bengkak,rasa terbakar seperti tergigit semut. Saat digerak-gerakkan biasanya gangguan hilang,” jelas dr.Aviandy Sukarto, Msc.SpKP dari Klinik Medika Banyuadji, Gandaria Jakarta.

Gangguan ini akibat dari sebuah pekerjaan seperti saat riding. Posisi duduk segitiga antara jok, setang dan pijakan kaki seringkali nggak ergonomis. Ini banyak terjadi di motor-motor modifikasi, bisa aliran choppers ataupun gaya modifikasi lainnya. Di choppers misalnya, pilihan setang ape hanger membuat jangkauan tangan jauh ke atas. Posisi lengan jadi menekuk atau tidak lurus membuat bagian carpal tunnel persis diujung belakang telapak tangan (bagian nadi) terjepit.”Ini disebut hyper extensi dan secara ortopedik sangat berbahaya,” ulasnya lagi.

Menurut pakar medis ini, dua zona bisa menyerang secara sendiri-sendiri ataupun bersamaan. Jika sudah sangat menganggu penanggulangannya cukup serius dengan cara disuntikan cairan kortison di lokasi langsung.”Jika lima kali penanganan tidak kunjung sembuh bisa dilakukan operasi, tunnelnya diperlebar, tulang dikikis dan dibuka langsung. Ini yang sangat dihindari para bikers,” jelas dokter penikmat motor chopper ini. Syukurlah ia menawarkan solusi yang lebih praktis yakni  pemakaian alat yang disebut chronosonic trigger. “Alat ini sering saya bawa-bawa saat turing untuk membantu bikers yang terkena gejala ini. Caranya ptaktis, jarum tumpul di alat ini bias mendeteksi tempat syaraf. Alatnya akan berbunyi jika masuk ke zona syaraf. Setelah diketahui melalui tombol akan keluar getaran suara untuk melepaskan syaraf terjepit,” ungkapnya. Ridingread merasakan langsung saat alat ini bekerja. Rasanya seperti tersengat listrik sekejap, tidak menimbulan rasa sakit berlebihan.

Jika ada brothers yang ingin konsuling secara langsung bisa share dengan dokter yang akrab disapa kang Dondy  di HP 08119919481. Moga bermanfaat.

 

By: Isfandiari MD
 Foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Carpal_tunnel_syndrome

 

 

 

 

SHARE

Leave a Reply