Bohmerland ’603 cc Republik Cekoslovakia (Czech)

0
108

Bohmerland ’603 cc 1927

 

Motor begini mungkin nggak pernah ente lihat sebelumnya. Bukan cuma tahunnya sudah uzur, tapi desainnya bener-bener nyentrik. Bayangin, motor yang dirancang Albin Liebisch khusus buat tiga orang. Nah lo… Mungkin kalau masih produksi, Polisi bakal bingung. “Stop bung… motor nggak boleh bertiga.” Nah, yang punya motor bisa ngeles, “Sori pak! Ini memang dirancang begitu.”

Coba tengok konstruksi sasisnya, rangka atas dirancang terbalik dengan konstruksi rigid biasa. Dari atas, rangkanya tetap rata sampai belakang, sedang yang bawahnya  baru di rol ke atas mengejar  ujung sasis pasangannya. Eh… nggak tahunya, titik temu itu untuk dudukan sepatbor. Sedang  dudukan as roda belakang, dibuat  khusus di bagian bawah.

Pengamat motor bilang, motor ini memang desain teraneh yang pernah ada. Tak cuma soal sasis, motor yang diproduksi cuma antara 1925-39 ini dibuat mirip lokomotif kereta api.

Lihat dudukan mesin yang nongol dari back-bone.  Wah, kalau bukan biker tulen pasti ngeri nyemplaknya. Pertama dada bisa  terkena panas mesin atau salah-salah jika ulir businya aus dan busi mencelot ke luat, dijamin menembus dada. Hiy….

Tak hanya itu, motor yang punya kecepatan maksimal 95 km/jam dengan tenaga 16 dk di kitiran maksimum 3.000 rpm ini nggak lazim menerap tempat tangki. Ayo dimana? Tuh, di samping kiri bagian belakang. Apalagi konstruksi sok depannya, wuih rumit euy! Albin menerap sistem sok depan berlengan ayun. Saat ada goncanganm batangan besi yang dipatri ke komstir menekan lengan ayun yang menempel di as depan. Nah, supaya tertarik lagi ke posisi semula, dipasang per spiral persis di atas lengan ayun tadi.

Paling maju, bannya tidak ditopang pelek berjari-jari tapi memakai pelek palang enam berbahan alloy. Wah, kalau ada yang masih punya, kite acungi empat jempol deh!

 

By: Isfandiari MD

 Foto: https://oldtimer-veranstaltung.de/service/boehmerwald-mit-klassischer-mobilitaet-entdeckt/

 

 

SHARE

Leave a Reply