ALLSTATE Profil Motor Klasik Amerika

0
219

ALLSTATE (Amerika)

 

Namanya ngamerika banget. Sayang perjalanannya tak sepanjang Harley-Davidson yang sukses jadi wakil kaum yankee. Dilihat jeli, Allstate memang lemah di soal desain motor. Coba tengok varian mereka Allstate Compact. Bentuknya serba nanggung. Walau dasarnya underbone, mereka menyimpan tangki di atas palang bawahnya. Hasilnya, bentuk motor nggak juntrung. Disebut kemayu, tangkinya khas motor laki. Nah, disebut macho… jauh juga bro. Soalnya, keseluruhan bodi mirip motor bebek yang ada sekarang.

Kebingungan soal desan terjawab dalam sejarah perjalanan motor ini. Dari kitab mereka, Allstate punya hubungan kuat dengan produk Amerika lainnya berngaran Cushman yang spesial memproduksi  skuter. Nah… dari situ, desainnya terpengaruh. Serba tertutup dan menganut sasis  menyatu bodi, monosok.

Varian lain berjuluk Allstate 250 juga tak punya jati diri. Mereka kena pengaruh kuat desainer Austria dari pabrik Puch 1923. Jenis ini pertama disemplak para yankee tahun 1949.

Makin terjerembab, Allstate juga dipengaruhi produsen Italia, Vespa yang gape bikin model skuter. Waduh… nggak cuma terpengaruh, mereka akhirnya beralih fungsi jadi distributor doang buat produk Gilera dan Vespa untuk pasar Amerika. Tepat tahun 1965, pabrik Allstate tutup.

 

 

By: Isfandiari MD
 Foto : http://www.nationalmcmuseum.org/1965-allstate-sgs-250-twingle/
SHARE

Leave a Reply