Indian 841 (Amerika)

0
30

LEBIH KUAT 2 DK DARI THE FORTY FIVE

 

Mang Randu dan Mang Dede sobat ridingread ngobrol di kafe Route 55 samping CBD Cileduk (13/6). Larut malam nggak terasa bahas sejarah terutama soal posisi motor Indian dan Harley-Davidson. ”Keduanya legenda Amerika khan,” tutur mereka. Kaum outlaws gang Amerika yang sangat cauvinis kerap menyaratkan life membernya menunggani hanya dua merek saja, Harley-Davidson dan Indian.  Tapi dalam sejarah, Indian punya keunggulan.

Simak varian Indian 841 jadi salah satu favorit bikers di jalanan. Sekilas pintas mesti langsung ngeh kalau nih motor dibuat untuk keperluan militer. Konstruksi sasis menganut suspensi plunger, roda-roda kekar ala bobber  pakai ban profil penggaruk tanah. Ini bukti kalau 841 memang khusus dibuat fleksibel di segala medan.

Pengamat motor bisa lengsung membandingkannya dengan HD The Forty Five alias si 750 cc yang legendaris itu. Memang layak dibandingin kok! Pasalnya  kapasitasnya persis sama, 737 cc dengan kekuatan 25 dk, ia dianggap bisa bersaing ketat dengan HD 750 cc. Kalau penasaran bisa bandingin langsung. Hade varian WLA misalnya, punya kapasitas 737 cc, power 23 dk, lebih lemah 2 dk dari Indian ini.

Keunggulan lainnya, si 841 mengambil jeroan dari Indian Sport Scout. Itu artinya, nih motor masuk kategori motor perang karakter cepat.

Motor yang diproduksi taon  1941 ini tergolong sakses di medan perang. Maka nggak heran, saat Indian vakum bikin varian ini, blue printnya dijual pada Moto Guzzi dengan berbagai penyempurnaan.

-Indian 841. Hadir buat menggertak the forty five

 

By: Isfandiari
Foto : http://www.motorcycleclassics.com/mc-events/the-quail-motorcycle-gathering-2015
SHARE

Leave a Reply