History Hell’s Angels MC, Pilot Hell’s Angels

0
19

CIKAL BAKAL ALIRAN OUTLAWS

 

Kagak masalah kalau belon nonton pilem Pearl Harbour yang nyeritain heroiknya pilot PD II. Di situ Amerika dibikin kocar kacir di bom pahlawan Jepang dengan pasukan kamikazenya. Mereka berani mati nabrak-nabrakin kapal induk kaum yankee. Dengan modal bom dan tanah kelahiran negeri Sakura ini, tuh Jepang rela mati demi kaisarnya. Weh… bener-bener cinta sejati pada negara!

Peristiwa ini nggak bisa dilupakan orang Amerika (dan Jepang tentunya). Pokoke, jadi sejarah peradaban umat manusia.

Dunia biker juga mencatat sejarahnya. Coba sisir saat Howard Hughes sutradara Amerika yang bikin film bisu berjudul Hell’s Angels 1927. Film ini dibintangi artis cantik Norwegia, Greta Nissen dan punya banyak fans saat itu.

Nah taon 1948, beberapa kelompok pilot, pembom dan gunner di pesawat tempur mengambil nama Hell’ Angels  jadi  skuadron pesawat tempur mereka. Saat itu mereka mengangkut pembom B-17 dan  berperang di Eropa, Afrika dan Cina.

Waktu Ridingread (RR) bertandang ke Chongqing Cina, ada sedikit cerita tentang mereka.  Taon1937,  pemerintahan Ciang Kai Shek sedang  bertempur hebat dengan Jepang. “28 Juli, mereka menyerbu Shanghai, Peking, Nanking dan Chongqing. 200.000 orang terbunuh oleh Jepang,” cerita Li Dai, Humas Jialing Grup  saat ngobrol di pabriknya.

Situasi ini bikin mereka minta bantuan pilot bayaran dari negeri yangkee dalam naungan Central Aircraft Manufacturing. Dari markasnya di New York, seratus pasukan dalam tiga skuadron termasuk pilot, dokter dan tim lain diterjunkan lewat Burma. Tim dalam naungan Flying Tigers ini punya tiga skuadron, Panda Bears (sesuai simbol Cina), Adam and Eve dan Hell’s Angels. Mereka juga ikut berperang dengan Jepang sehabis pemboman Pearl Harbour 7 Desember 1941.

Skuadron Hell’s Angels dianggap paling gape  bertempur. Pilot-pilot mereka masih belia, antara 20 sampai 26 tahun. Dibawah komando Arvid Olsen, yang asal San Bernandino (tempat kelahiran Hell’s Angels M.C) mereka cukup disegani. Gile…, dalam perang di Cina, rata-rata pilotnya mampu menjatuhkan 10 pesawat Jepang pada tembakan pertamanya. Nggak salah kalau pemerintah Amerika mencalonkan The Flying Tiger jadi US Air Force China  Air Task Force.

Beres perang, skuadron Hell’s Angels tetap bermarkas di kota mereka San Bernandino. Disitu timbul perubahan besar. Kelompok yang asalnya pilot pesawat, berubah jadi klub motor. Uniknya, Olsen mengundurkan diri alias nggak bergabung dengan geng baru ini. “Saya sempat meneteskan air mata waktu lahirnya Hell’s Angels Motorcyle Club,” urainya dalam buku Hell’s Angels karangan Yves Lavigne.

Taon 1957 Ralp Hubert (Sonny) Barger Jr,anak muda umur 19 tahun masuk Hell’s Angels. Dia pernah masuk tentara dan keluar tahun 1955. Dengan modal karisma dan keberaniannya, doi sangat disegani bro lainnya. Nggak aneh, tepat 1958, Sonny menggantikan Otto Friedli, ketua lama yang kudu masuk penjara karena suatu kasus.

Di bawah pimpinannya, HA jadi geng motor yang ditakuti di Amerika. Tak cuma itu, kecintaannya pada negeri Paman Sam sangat gede. Terbukti di surat pribadinya pada presiden Lyndon B. Johson ikhwal perang Vietnam 1965. Begini katanya, “Mr. Presiden. Saya atas nama klub yang setia pada Amerika, pengin jadi sukarelawan terjun ke perang Viatnam  demi Amerika. Kami siap dilatih oleh tentara kita!” tertanda Ralp Barger J.r Presiden Of Hell’s Angels.

 

By : Isfandiari MD

Foto: https://en.wikipedia.org/w/index.php?curid=35239990

SHARE

Leave a Reply