10 Stunt Rider Legendaris

SANG PEMILIK NYALI BESAR…

 By:Isfandiari

 

All bikers we salute you all! Ya kekaguman yang wajar. Mereka ini satu diantara sejuta bikers. Mahluk langka yang sulit dicari tandingannya. Gimana nggak, soal nyali, nggak diragukan lagi, pemberani dan menantang maut. Sipnya, mereka nggak asal berani tapi sangat skillfull dan penuh perhitungan. Kadang memang tertimpa apes, tapi dasar gokil, nggak pernah kapok dan bikin jantung deg-degan  lompati puluhan mobil, motor, sampai melintasi lembah sedalam ratusan meter. Siapa aja mereka, ayo kita beri salute!

 

Gary Wells

Termasuk  mahluk istimewa. Gimana nggak, baru usia 14 tahun doi udah nekad melompati halangan berbahaya. Kesukaan sama dunia otomotif memang gede. Ia sudah main gokart di usia 3 tahun. Busyet!

Tahun  1980 ia mencatat rekor fantastis lompat sejauh 179 kaki lebih 4 inci saja. Setelah itu, doi makin merajalela dengan 110 rekor dunia dan hanya mengalami satu kecelakaan saja.

Tahun 1990 pria Amerika ini pindah ke Mexico dan konsen di dunia adventure motor sebagai pembuka jalur. Kalau di Indonesia, mirip usahanya kumpulan Dogman Ciamis.

 

 

 

 

 

 

 

Foto : www.thedenverchannel.com

 

Indian Larry

Siapa nggak kenal dia? Nama aslinya Lawrence DeSmedt . Benar-benar orang yang isitimewa! Di luar dunia stunt rider, paman Lary ini sangat legendaris sebagai builder berjuluk Gasoline Alley di New York dan beken dengan aliran New York Chopper-nya. Ia beken abis dan jadi selebriti di dunia custom. Larry dikenal juga sangat rendah hati dan dicintai seluruh bikers yang mengenalnya.

Melewati masa remaja yang keras, ia tumbuh jadi pria pemberani. Di dunia stunt ia sangat ahli menaiki motor choppers dalam kecepatan tinggui, aksi menantang maut dan master dalam atraksi wheelie. Sayang di tahun 2004, Indian Larry meninggal saat melakukan aksi stunt di Amerika. Dunia berduka saat itu. Komunitas stunt rider dan bikers mendatangi markasnya di New York. Kini Gasoline Alley berubah nama menjadi Indian Larry Legacy untuk menghormatinya.

Foto: https://motorcyclemaniac.wordpress.com

 

Doug Domokos

Ia diberi gelar terhormat sebagai The Wheelie King. Puncak ketenarannya ada di antara 1980 sampai 1990-an. Coba bayangkan! Ia pernah mencatatkan rekor wheelie terjauh yakni 145 mil. Hebatnya, rerkor ini bertahan sampai 8 tahun hingga akhirnya ada stunt rider lain yang memecahkannya.

Itulah jalannya takdir! Doug tidak meninggal saat aksi stunt tapi justru tewas dalam kecelakaan pesawat udara tahun 2000. Untuk menghormatinya, ia diabadikan dalam Motorcycle Museum hall Of Fame di Ohio. Sampai sekarang fansnya masih setia mengaguminya.

Foto : www.motorcyclemuseum.org  

 

Putt Mossman

Ia juga bisa disapa Orren ‘Putt’ Mossman, salah seorang bikers legendaris di dunia stunt riders abad 20. Ia dan beberapa rekannya  getol melakukan aksi stunt di beberapa daerah di Amerika disaksikan ribuan penggemarnya. Setelah beken dan sukses di Amerika, ia melakukan aksi stunt spektakuler ke sedikitnya 45 negara di 4 benua.

Tak heran Putt menjadi salah satu stunt rider paling terkenal di dunia. Om Putt Mossman meninggal  wajar tahun 1994 dalam usia 88 tahun. Usia yang panjang untuk seseorang yang suka menantang maut. Salut!

 

Fearless Frank

Pria ini fans berat opa Evel Kneivel. Memulai karir melakukan aksi gokil di motor sejak usia 14 tahun. Untuk melatih skillnya, ia kerap terlihat berlatih di gunung New Mexico. Maka nggak heran ia dijuluki The New Mexico Kid dan doyan melakukan aksi berbahaya, melompati mobil, melompati kobaran api dan berbagai rintangan lainnya.

Untuk melakoni aksinya, ia dibantu beberapa riders gokil dan tergabung dalam kumpulan berjuluk Hurricane Hell Drivers. Frank sering sekali mengalami cidera saat melakukan aksinya. Itu dia, si pemberani ini nggak pernah kapok hingga di juluki Fearless Frank atau Frank yang tak kenal takut. Kini ia sudah pensiun di dunia stunt dan jadi polisi di wilayah New Mexico.

 

 

 

 

 

 

 

Foto : www.cyclejumpers.org

 

Hurricane Hutch

Nah opa Hutch ini termasuk unik. Mengawali karir sebagai stunt rider, ia banting setang jadi bintang di film-film legendaris Hollywood tahun 20-an. Pria kelahiran 1979 ini kerap mempertontonkan keahliannya di atas motor dalam berbagai adegan film.

Komunitas stunt rider wajib menghormatinya karena opa Hutch bisa dibilang rider pertama yang melompati mobil dengan motor. Congratz opa Hutch, you are the first!

 

Robbie Knievel

Like father like son! Maklum menjadi anak sang legendaries Evel Kneivel, Rob ketularan melakukan aksi berbahaya. Yap, melihat sang bokap melompat, si Rob juga pengin ikut-ikutan. Lahir tahun 1962, ia cukup berhasil membangun karir sendiri dan keluar dari bayang-bayang ayahnya.

Sudah belajar motor sejak usia 4 tahun. Di usia 8 tahun ia sudah pede mendampingi bokapnya beraksi di Medison Square Garden. Setelah dewasa ia mencatatkan rekornya, dunianya sendiri dengan aksi 350 kali stunt rider berbahaya dan memegang 20 rekor dunia.

Foto : www.helmethairblog.com

 

Eddie Kidd

Ini stunt rider bekan asal Inggris di antara tahun 1970 sampai 80-an. Skill dan keberaniannya tidak diragukan lagi. Selain beraksi stunt ia juga dipercaya jadi peran pengganti di film-film laga legendaris.

Kid pernah mengantikan beberapa aktor kawakan macam poemeran James Bond saat itu, Mr Roger Moore, actor kawakan Michael Cane dan sang pemeran Indiana Jones, Harrison Ford. Ia juga terjun di dunia modeling dan musik. Sayang Kid mengalami kecelakaan tahun 1996 dan menjalani rehabilitasi di atas kursi agar bisa berjalan kembali.

Foto : www.helmethairblog.com

 

Evel Knievel

The legend without no equals (tak ada bandingannya) ini  lahir di 17 Oktober 1938 dan meninggal  di Clearwater Florida pada 30 November 2007.

Debut awalnya tahun pada 3 Januari 1966. Ia bikin kagum banyak orang saat beraksi di Indiana California di ajang berngaran National Date Festival. Penampilannya stunt ride membuat banyak orang kagum.  Ia makin menjadi, dengan melompati banyak sekali rintangan bahkan sesuatu yang diluar nalar.  Pada  1967 melompati dua gedung tinggi di Caesar Palace sebagai ujud kegembiraan kemenangan petinju Dick Tiger mempertahankan gelar WBA dan WBC. Ia  juga nekat melompati lembah Green Canyon Amerika, melompati 15 Ford Mustang, melompati Sungai Mississippi, melompati 19 mobil dengan motor kebanggannya Harley-Davidson XR 750. Rekor melompati 19 mobil itu enggak pernah pecah sampai 27 tahun sampai generasi penerusnya, Bubba Blackwell berhasil melompati 20 mobil. Opa Kneivel memang luar biasa.

Foto : www.helmethairblog.com

 

Royal Signals Motorcycle Display Team

Rakyat bikers tahun 20-an pasti mengenang aksi tim hebat si helm putih, Royal Signal Motorcycle Display. Mereka ini terdiri atas para tentara dan gape bikin formasi dalam aksi hell riders.

Aksi ini sebenarnya terisnpirasi formasi para penampil sirkus berkuda di jaman itu. Bisa dengan formasi 30-an rider meraka membentuk  piramida bertumpuk di atas motor The Forty Five (Harley Davidson 75 cubik inc atau setara 750 cc versi tentara). Aksi mereka ini dinikmati seluruh bikers dunia khususnya di Amerika dan Eropa. Sejarah mencatat, tim ini adalah tim pertama untuk formasi aksi stunt motor di dunia. Nice!

Foto : www.helmethairblog.com

Leave a Reply