“A READER IS A LEADER, ALSO A WRITER”

0
78

“A READER IS A LEADER, ALSO A WRITER”

By : Iwan Rasta

 

Ungkapan atau istilah diatas cocok untuk diberikan kepada para dedengkot – dedengkot klub motor onepercenters, karena tidak hanya menjadi president chapter sebuah klub, tapi mereka pun menulis buku tentang sejarah dan kehidupan klub motor mereka.

 

Sebut saja ; Ralph Sonny Barger, Chuck Zito, George Christie (HAMC) Edward Winterhalder (Bandidos), Ruben Doc Cavazos (Mongols) dan juga tak ketinggalan Peter ‘Big Pete’ James (Outlaws).

Nama-nama diatas adalah para pentolan (high rank) di klub masing2.

 

Uniknya, banyak hal-hal yang tidak diungkap pada publik sebelumnya, dapat kita temukan pada buku-buku tulisan mereka. Sebut saja tragedi konser gratis band Rolling Stones di Altamont tahun 1969. Publik tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi akar permasalahan, sehingga terjadi keributan dan berakibat meninggalnya salah seorang penonton.

 

Dengan membaca buku-buku tersebut, kita juga bisa mengetahui dan mempelajari cara-cara mereka memimpin sebuah klub motor hingga menjadi besar dan mendunia (worldwide). Disamping itu, trend menulis buku juga menepis stigma atau anggapan miring tentang kehidupan bikers yang banyak hal-hal negatif dan kontroversial.

 

foto by : Iwan Rasta
SHARE

Leave a Reply