Sat. May 15th, 2021

Keliling Lasem nikmati warisan budaya adiluhung

BIKERS SEJATI YA..TAAT ATURAN DAN SAFETY! By Yankee


Aturan berkendara plus tata tertib lalu lintas diterapkan hampir di seluruh negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Peraturan dan tata tertib disetiap negara tentu berbeda dengan negara lainnya. Di Indonesia setiap pengendara wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Satu hal yang harus dicatat, pengendara ” wajib” memakai pengaman. Helm dan sabuk pengaman dua alat yang sangat standard

Fun..happy..enjoy…tetap taat aturan dan safety

.

Data statistik kecelakaan di Indonesia penyebabnya karena pengendara gak hati-hati. Sering gak pake pengaman dan paling fatal  melanggar lampu lalu lintas. Ada sebagian riders gak lengkap dengan surat-surat yang seharusnya ia bawa saat berkendara yang pada akhirnya saat polantas menggelar razia kendaraan doi dikenakan denda. Tentu saja denda disesuaikan dengan pasal yang tercantum didalam UU berkendara. Jika Mematuhi peraturan lalu lintas Anda akan terhindar dari kecelakaan dan denda.

Di bawah ini adalah tata tertib lalu lintas yang perlu anda ketahui.

Kecelakaan Truk di Lereng Gumitir Jatim ( 21 Desember 2018 ) foto Yankee

1. SIM ( Surat Izin Mengemudi )

SIM atau Surat Izin Mengemudi wajib anda bawa. Kalau SIM gak ada, artinya anda gak layak disebut pengendara. Ini berlaku untuk semua orang yang mengendarai motor atau mobil dan sejenisnya. Ketahuan gak punya SIM akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan UU. Hukuman biasanya di penjara atau denda maksimal Rp1 juta. Kalau anda gak ingin di kenai sanksi hukum, anda harus punya SIM terlebih dahulu sebelum berkendara di jalanan umum.

2. STNK

STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ) tentu saja ini hal yang sangat penting untuk memastikan siapa pemilik kendaraan karena jika tidak dilengkapi STNK itu artinya kendaraan bodong dan kemungkinan anda akan dicap sebagai bagian dari sindikat curanmor.

3. Pelanggaran Rambu Lalu Lintas

Pelanggaran rambu lalu lintas adalah kesalahan yang paling sering terjadi di jalan raya, di Indonesia pelanggaran rambu lalu lintas seperti sudah biasa. Penyebabnya karena ketidaksabaran pengendara. Patuhi rambu rambu lalu lintas agar anda terhindar dari kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

4. Safety Riding

Safety ( helm dan sabuk pengaman ) selain dipakai pengendara juga bagi penumpang. Kalau anda melanggar aturan ini, Anda akan dikenakan sanksi.

5.  Kelengkapan Unit Kendaraan Kelengkapan kendaraan mobil, bus, truk dll berbeda dengan motor.

Kelengkapan untuk mobil antara lain: kaca spion, lampu utama, klakson, lampu rem, lampu mundur, bumper, dan kaca depan. Kalau gak lengkap dan ketahuan polisi pasti akan didenda atau hujuman penjara sesuai Undang Undang.

Kalau untuk motor, kelengkapan kendaraan antara lain: lampu utama, lampu rem, klakson, knalpot yang terpasang dari pabriknya, kaca spion, dan speedometer. Hukuman penjara atau denda berupa uang jika kendaraan anda gak lengkap

Pesan Ridingread bagi para pembaca kalau anda gak ingin di hukum penjara atau di denda, maulai saat ini patuhilah peraturan berkendara dan rambu lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Ingat  Don’t Drive Drunk, istirahat kalau anda ngantuk, lelah dan cape. Jangan maksain nge gaaas…..

Leave a Reply

ridingread.com

Selamat membaca, selamat mengunggah, selamat mengunduh dan selamat bergabung menjadi keluarga kami, keluarga besar ridingread.

ridingread on Social Media

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram
%d bloggers like this: